10 Detik Cek Kondisi Rantai Motor

Jakarta (TenagaKuda) – Bro and Sis… Buat kita-kita pemotor, kondisi rantai motor terbilang memiliki peranan vital untuk menjaga keberlangsungan kinerja tunggangan kita.

Karenanya memeriksa kondisi rantai motor sangat dianjurkan dilakukan secara rutin.

Untuk bisa memeriksa kondisi rantai motor cukup dengan mengecek ketegangan rantai menggunakan jentikan jari tangan. Jika rantai terlihat melengkung di satu sisi maka Anda perlu mengganti rantai atau sproket gear.

Cek-Rantai-Motor-2

Selain itu coba tarik salah satu bilah rantai motor Anda dari ujung sproket gear belakang sejajar kedua sisinya, jika rantai tidak bergoyang maka indikasi rantai dan sproket gear dalam keadaan baik. Tapi jika rantai masih bisa ditarik maka ada indikasi rantai aus.

Kemudian perhatikan juga apakah rantai terkena korosi akibat karat atau tidak. Jika rantai terkena korosi yang perlu Bro and Sis lakukan adalah menyemprotnya dengan cairan anti karat.

Menariknya nih Bro and Sis… Pengecekan ini bisa dilakukan cuma dalam wkatu kurang dari 10 detik. Jadi semua itu bisa Bro and sis lakukan tiap hari sebelum berkendara dengan tunggangan kesayangan. [Pra/Syu]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here