10 Fitur di Mobil yang Bikin Pengemudi dan Penumpang Betah!

Fitur Wuling Cortez

Beberapa fitur di mobil didesain memang untuk menambah keamanan dan kenyamanan berkendara. Bagitu pula dengan fitur Wuling Cortez yang tidak bisa ditemukan di mobil lain di kelasnya. Apa saja fitur tersebut?

Jakarta (Tenaga Kuda) – Wuling, menyebut brand otomotif yang satu ini memang selalu menarik. Sebagai pendatang baru, Wuling menghadirkan hal-hal yang cukup menyedot perhatian publik.

Terlebih lagi Wuling datang di segmen yang cukup gemuk, yakni MPV (Multi Purpose Vehicle).

Seperti Anda ketahui, MPV adalah segmen yang paling banyak diincar oleh pabrikan otomotif yang ada di Indonesia. Alasannya sangat jelas, yakni konsumennya terbanyak dibanding jumlah pembeli mobil di segmen lain.

Fitur Wuling CortezBermain disegmen yang begitu gemuk, Wuling sadar betul harus bisa merebut hati calon konsumennya.

Satu dari beberapa strategi tersebut adalah menyajikan produk dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia, tetapi memiliki fitur-fitur yang berlimpah. Sehingga bisa dibilang sangat value for money.

Artinya seberapa banyak duit yang Anda keluarkan, akan setimpal dengan fitur yang didapat dari mobil itu. Termasuk untuk model Cortez.

Soal harga Wuling Cortez 1.8, dipatok mulai dari Rp 218.000.000 untuk Cortez 1.8 6 MT, hingga Rp 264.000.000 untuk Cortez 1.8 Lux+i-AMT sebagai varian tertinggi.

Ada juga pilihan Cortez 1.5 yang harganya Rp 193.800.000 untuk tipe S dan Rp 203.800.000 untuk tipe C.

Namun kali ini kami akan membahas lebih detil tentang fitur Wuling Cortez yang tidak ada pada MPV lain yang harganya setara dengan produk ini. Setara gak sih dengan harganya?

Fitur Wuling CortezLampu Depan LED dan DRL
Lampu jenis LED alias Light Emitting Diode punya beberapa keunggulan dibanding lampu jenis bulb. Yakni sinar pancarannya lebih terang, namun membutuhkan daya listrik yang kecil, serta usia pakainya lebih panjang.

Sejatinya, kalau berkaca dari mobil-mboil di negara maju, hampir semuanya sudah menggunakan LED.

Nah ini diapliksikan juga di fitur Wuling Cortez, bahkan Wuling menambahkan dengan DRL (Day time Running Light). Yakni lampu yang akan langsung menyala ketika mesin diaktifkan.

Tentu saja ini sesuai peraturan keselamatan jalan internasional. Dan bagi pengemudi, jelas ini menambah daya penglihatan, terutama saat berkendara di malam hari.

Di kelas MPV Rp 200 jutaan, hampir tidak ada yang menggunakan fitur ini.

Fitur Wuling CortezABS + EBD + BA
Mungkin Bro and Sis sering dengar istilah-istilah ini. Ya, memang sudah sejatinya setiap kendaraan di Indonesia juga telah menerapkan ketiga fitur keselamatan aktif ini.

Bahkan menurut kami dari tim TenagaKuda.com, seharusnya tiga fitur ini jadi fitur wajib di semua mobil.

Beruntung fitur Wuling Cortez juga memiliki Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). ABS akan berfungsi untuk mencegah roda “mengunci” ketika diinjak penuh, sehingga pengemudi masih dapat mengendalikan kendaraan untuk menghindari objek guna mencegah benturan.

Sementara EBD yang biasanya selalu berdampingan dengan ABS, mengatur tekanan rem disetiap roda tergantung besar kecilnya grip pada roda tersebut.

Fitur ini sangat baik pada saat pengereman di jalan berkelok sehingga semua roda tetap dapat terkontrol.

Kemudian BA akan membantu pengemudi dalam menginjak rem saat dibutuhkan rem mendadak, namun pengemudi sedikit terlambat menginjak rem.

Mengingat kondisi jalan lintas pulau di Indonesia yang penuh dengan perbukitan, tentu dua fitur ini akan membuat pengemudi lebih tenang saat diperjalanan.

Fitur Wuling CortezHHC
HHC atau Hill Hold Control merupakan fitur lain dari Cortez yang akan membuat nyaman pengemudi terutama saat melintas di kondisi jalan menanjak.

Biasanya kalau diperjalanan luar kota atau antar pulau, Anda menemukan truk-truk pengangkut barang yang tidak kuat menanjak akibat kelebihan muatan.

Nah kondisi ini sering kali membuat lalu lintas sedikit tersendat akibat harus menunggu mobil lain satu per satu mendahuluinya.

Pada kondisi itulah, pengemudi Wuling Cortez gak perlu lagi khawatir mobilnya merosot saat harus berhenti di tanjakan dalam beberapa saat. Dan gak perlu juga repot-repot aktifkan parking brake biar mobil gak merosot ke belakang.

Karena HHC akan menahan mobil beberapa detik pada saat pedal rem dilepas, untuk memberikan waktu kepada pengemudi sampai kakinya menekan pedal gas lagi. Gak bikin kaki dan tangan pegal kan

Fitur Wuling CortezAVH
Sepintas nama fitur Wuling Cortez ini mirip brand audio ya Bro and Sis. Hehehe… Padahal itu singkatan dari Automatic Vehicle Holding.

AVH akan menjaga mobil tidak meluncur atau merosot, saat kondisi jalan menanjak, menurun atau datar. Lho, kan sudah ada fitur Hill Hold Control (HHC)? Beda Bro

Kalau HHC cuma menjaga mobil tidak merosot di jalan menanjak pada saat mobil diam. HHC akan bekerja untuk menahan mobil dalam 3-5 detik pada momentum pedal rem dilepas untuk kemudian pedal gas diinjak.

Nah kalau AVH akan terus menjaga mobil tidak bergerak pada semua kondisi untuk waktu yang cukup lama.

Untuk mengaktifkan fitur ini juga tinggal tekan tombol “A” dalam lingkaran yang berada di konsol tengah, tepatnya di samping tuas transmisi, di bawah fitur Electric Parking Brake.

Fitur Wuling CortezEPB
Inilah fitur yang sedikit kami ulas sebelumnya, yaitu Electric Parking Brake (EPB). Fungsinya sama persis dengan Parking Brake atau rem tangan kebanyakan mobil lain.

Bedanya fitur Wuling Cortez yang satu ini bukan berbentuk batang yang ditarik untuk mengaktifkannya dan diturunkan untuk release.

Namun rem parkir atau rem tangan ini sudah berbentuk tombol eketrik. Mekanismenya sih masih sama, tarik tombol untuk mengaktifkannya, sampai indikator berwarna merah muncul. Lalu tekan ke bawah untuk me-release. Tak perlu repot-repot lagi menyetir Wuling Cortez, mirip menyetir mobil-mobil mahal.Fitur Wuling CortezSensor Depan dan Belakang + Kamera Mundur
Kalau pada umumnya mobil-mobil modern cuma punya sensor parkir yang ditempatkan di bemper belakang, lah untuk fitur Wuling Cortez, sensornya sudah ada di depan dan belakang.

Jadi kalau Anda harus parkir di ruang yang gak cukup lebar, misalnya di rest area saat perjalanan jauh, gak perlu khawatir tuh bemper depan nyundul mobil atau objek lain yang gak terlihat dengan pandangan pengemudi.

Kerennya lagi, setip tuas tranmsisi di geser ke posisi mundur “R”, maka otomatis kamera belakang bakal aktif.

Gunanya tentu saja untuk mendapatkan pandangan lebih baik tentang keberadaan objek lain di belakang mobil kita. Gak perlu deh yang namanya minta bantuan tukang parkir yang terkadang muncul tiba-tiba.

Fitur Wuling CortezTPMS
Pernah tidak saat Anda mengemudi setir mobil sedikit oleng saat melaju di tol untuk perjalanan lintas kota? Ketika di cek, teryata ada satu ban yang kurang angin.

Nah, kalau di Cortez gak akan kejadian kaya gini Bro. Karena fitur Wuling Cortez punya yang namanya Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Fitur ini biasanya ada di mobil-mobil mewah yang memiliki kemampuan offroad. Tujuan dari TPMS adalah pengemudi bisa melihat kondisi tekanan ban angin di keempat rodanya.

Bahkan ini bisa dilakukan secara real time. Artinya, ketika ada satu roda yang mengalami kekurangan tekanan angin, akan dapat diketahi meski sedang dalam perjalanan.

SHARE