Airbus Bikin Motor, Berat Hanya 35 Kg

London (TenagaKuda) – Bro and Sis… APWorks, anak perusahaan raksasa penerbangan Airbus, datang dengan kejutan baru yakni membangun sebuah motor listrik. Tapi motor listrik ini bukan sekedar motor bro.

APWorks merancang sebuah motor listrik dari hasil cetak 3D yang diklaim menjadi yang pertama di bidang ini. Yup, motor ini benar-benar dibentuk dari hasil cetakan 3 dimensi. Banyak item termasuk sasis dibuat dengan cara ini.

Dijuluki Light Rider, berat motor ini hanya 35 kg. Sasis dikembangkan dengan perhitungan algoritma khusus menggunakan metode Selectiv 3D Laser Printing.

Airbus-APWork-3D-printed-electric-bike-2

Ini memungkinkan partikel kecil dari paduan aluminium dibentuk sesuai keinginan. Algoritma ini diklaim telah membuat sasis sangat ringan namun pada saat yang sama, cukup kuat untuk menanggung beban dan tekanan bermotor sehari-hari.

Motor listrik Light Rider ini dibekali motor berkekuatan 6KW yang dapat mendorong dari posisi diam sampai kecepatan 80 km/jam dalam beberapa detik.

Untuk sasis sendiri beratnya diperkirakan tidak lebih dari 6 kg atau 30% lebih ringan dari motor listrik konvensional.

Tapi sama seperti motor konvensional Light Rider juga menggunakan headlamp melingkar sederhana, stang datar, sadel tunggal, ban model off road, suspensi telescopic fork depan dan mono shock belakang serta rem cakram di kedua rodanya. [Pra/Gha]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here