Aleix Espargaro Ingin Aprilia RS-GP Lebih Kencang Agar Naik Podium

Austin (Tenaga Kuda) – Aleix Espargaro cukup percaya diri bisa naik podium MotoGP bila Aprilia RS-GP 2019 dibuat lebih kencang lagi.

Melakoni debut sejak 2009, Spaniard bakal mencetak rekor start ke-150 di kelas premier pada MotoGP Spanyol di Jerez pekan depan. Dan sepanjang kariernya, ia menorehkan prestasi terbaik finis kedua di Aragon 2014 bersama Forward Yamaha.

Usai hijrah ke Suzuki pada 2015 sampai 2016, kemudian kini berseragam Aprilia, Espargaro belum mencetak podium. Pun demikian, ia berhasil dua kali 10 besar di Qatar dan Argentina. Sedangkan saat balapan Austin gagal finis lantaran masalah elektronik.

“Saya merasa lebih baik dari sebelumnya dalam mengendarai motor sepanjang hidup saya. Pada pengereman, keputusan yang saya ambil, semuanya,” ujarnya di Motorsport.

“Saya merasa lebih kuat. Saya merasa siap bertarung memperebutkan podium untuk pertama kalinya dalam karier saya.

“Sayangnya, ini bukan tentang diri saya sendiri. Ini tentang paket yang harus kami satukan bersama. Kami sedang menuju ke sana.”

Setelah musim sulit pada 2018, Espargaro dan Aprilia kembali pada filosofi 2017 untuk spesifikasi RS-GP 2019. Hasilnya pun menunjukkan kemajuan berarti.

Akan tetapi, tim masih memiliki kelemahan selain akselerasi, yakni motor membuat konsumsi ban menjadi boros saat lap-lap awal balapan.

“Kami masih kuat dalam bagian kedua, namun masalahnya sekarang dengan mesin. Kami memakan ban lebih banyak pada awal balapan untuk mengikuti mereka (para rival),” bebernya.

“Kurangnya grip, itu membuat jika saya memaksakan diri maka akan melintir. Jadi, ketika melintir, konsumsi (ban) lebih tinggi.

“Di masa lalu, terutama dengan 2017, grip lebih baik. Saya (juga) tidak menghancurkan ban. Sekarang masalahnya jika saya ingin bertarung demi posisi atas, saya harus menghancurkan ban belakang. Jika tidak, mustahil untuk mengikuti mereka.”

SHARE