Alex Marquez Siap Tes Honda RC213V

Valencia (Tenaga Kuda) – Rider Moto2 yang juga merupakan adik dari Marc Marquez, Alex Marquez dijadwalkan akan mengetes motor balap Honda RC213V pada 23-24 November mendatang. Peluang Alex untuk naik kelas ke MotoGP di masa depan pun terbuka lebar.

Pembalap yang baru berusia 21 tahun ini sendiri menutup musim 2017 di posisi keempat klasemen akhir Moto2. Memang, musim depan dirinya belum akan naik tingkat ke kelas utama, tapi bisa jadi di musim selanjutnya peluang itu terbuka.

Sesi tes sendiri dijadwalkan karena Thomas Luthi yang merupakan pembalap Marc VDS sedang dalam masa pemulihan cedera. Padahal tim ini butuh data untuk membantu Luthi berlaga di musim perdananya di MotoGP 2018.

“Kami akan menjadikan satu setengah hari di Jerez, karena cedera Tom. Kami juga memiliki masalah tim yang benar-benar baru. Kami punya kepala mekanik, kru mapping dan mekanik baru,” jelas Team Principal Marc VDS, Michael Bartholemy.

“Dan saya tidak ingin datang ke Sepang (tes pramusim 2018) dengan pembalap yang tidak pernah di atas motor MotoGP dan tim sama sekali tidak punya ide tentang motor MotoGP, ban dan set-up,” lanjutnya.

“Ide saya dengan Alex, adalah agar Gilles (Bigot, kepala mekanik Luthi) bisa melihat sedikit komentar pembalap Moto2 ketika di atas motor MotoGP. Menurut saya, komentar Alex tentu akan sama dengan yang dirasakan Tom pada awalnya.”

“Kami juga perlu sedikit memperhatikan kondisi cuaca, karena tampaknya akan hujan pada 23 November nanti.”

Sebagai informasi, bila pun nanti Alex mencoba motor MotoGP, maka itu bukanlah yang pertama bagi juara dunia Moto3 2014 tersebut karena dia sudah melakukannya pada tes Valencia tiga musim lalu.

Menariknya, Bartholemy menegaskan bila Alex adalah proyek masa depan timnya. Dia menjanjikan Alex untuk naik tingkat ke kelas utama bila mampu menjadi juara dunia Moto2 di musim depan.

“Situasinya bahwa Marc VDS, tim Estrella Galicia, membuat sebagian besar hidup dari proyek Moto2. Kami telah memiliki cukup banyak proyek Moto2 dalam delapan tahun terakhir. Dan saya juga butuh pembalap seperti Alex untuk membuat hasil bagus tahun depan,” lugasnya.

“Dan dia ( Alex Marquez) sendiri juga sudah cukup jelas. Dia bilang, ‘Oke, pertama saya ingin memenangkan kejuaraan Moto2 sebelum pindah ke MotoGP. Saya masih merasa belum siap untuk pergi. Jadi, saya ingin bertahan setidaknya satu atau dua tahun lagi di tim dan mengendarai motor Moto2’.”

SHARE