All New Honda Brio 2018 Terinspirasi Stroller Bayi

All New Honda Brio 2018

All New Honda Brio 2018 yang diluncurkan pertama kalinya di dunia pada pameran GIIAS 2018, ternyata terinspirasi dari stroller bayi yang kerap digunakan masyarakat Indonesia.

BSD (TenagaKuda) – All New Honda Brio 2018 telah diumumkan saat pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Kamis (02/08/2018) lalu. Namun ternyata ada yang unik dari ide pembuatan city car terbaru Honda ini.

All New Honda BrioTsutomo Harano, Development Leader Honda R & D Asia Pasific Co. Ltd jika ide awal pembuatan All New Honda Brio 2018 adalah sebuah stroller bayi. “Saat ini di Indonesia banyak sekali keluarga yang membawa baby stroller. Ini menjadi tanda kemapaman ekonomi masyarakat tersebut,” katanya di booth Honda GIIAS 2018, Jumat (03/08/2018).

Dengan melihat stroller bayi inilah, Honda berusaha membuat sebuah mobil compact yang mampu menampung kereta bayi tersebut di bagasinya. “Karena pelanggan kami adalah yang berjiwa muda, mereka menyukai kendaraan yang sporty, kenikmatan berkendara, ruang kabin yang lapang, dan bagasi yang luas,” katanya.

All New Honda Brio 2018Konsep utama dari All New Honda Brio 2018 pun dijelaskan Harano sebagai “Proud Over Class“. Yakni sebuah mobil yang diposisikan satu level di atas kelasnya. “Kami ingin sebuah mobil yang sporty dengan kepraktisan yang baik, kenikmatan berkendara, bagasi lapang, dan harga yang terjangkau,” tegas Harano.

Karena targetnya bagasi bisa masuk stroller bayi, maka ruang bagasi All New Brio lebih luas 90 mm. Sementara jarak sumbu roda mobil ini juga meningkat 60 mm guna menciptakan ruang kaki penumpang belakang yang lebih lebar 42 mm dari Brio sebelumnya. Dengan demikian, total panjang dari Brio terbaru meningkat 160 mm dari Brio generasi pertama.

All New Honda Brio 2018Ruang bagasi yang meningkat membuat kapasitas bagasi juga naik menjadi lebih dari 258 liter atau 84 liter lebih besar dari Brio sebelumnya. Kini, bukaan tailgate juga 15% lebih lebar dari model sebelumnya, sehingga pengguna dapat melakukan bongkar muat untuk barang-barang berukuran besar secara lebih mudah dan lancar. Bagasi All New Honda Brio 2018 dapat memuat dua koper berukuran sedang dan satu kereta bayi.

Untuk mesinnya sendiri masih menggunakan mesin 1.2-liter i-VTEC 4 silinder. Tenaga maksimum nya 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm. Meski tenaga lebih tinggi di kelasnya, tetapi konsumsi bahan bakar direkayasa supaya tetap efisien. Dalam catatan Honda, All New Brio bisa menapai konsumsi bahan bakar 20,1 km/liter untuk tranmis manual dan 20,3 km/liter untuk transmisi otomatis CVT.

SHARE