‘Aprilia Tak Butuh Tim Satelit’

Le Mans (Tenaga Kuda) – Bila KTM sudah akan memiliki tim satelit dan Suzuki sangat ingin pula memilikinya, tidak begitu halnya dengan Aprilia. Dua pembalap Aprilia di MotoGP bahkan menegaskan bila Aprilia tak butuh tim satelit.

Dua pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Scott Redding mengatakan bila ditanya, mereka berdua kompak bila Aprilia tidaklah perlu untuk membentuk tim satelit pada MotoGP 2019.

Seperti diketahui saat ini Ducati, Honda dan Yamaha sudah memiliki tim satelit. Tapi tim Tech 3 yang membela Yamaha akan beralih ke KTM mulai musim depan. Di sisi lain, Suzuki sudah sejak lama mengatakan bila mereka ingin sekali punya hal yang sama.

“Dari sudut pandang saya, saya benar-benar memilih untuk tetap seperti ini [tanpa tim satelit]. Karena jika kami memiliki semua sumber daya di tim pabrikan, bekerja dengan arah yang sama lebih mudah,” papar Espargaro.

“Saya pikir Aprilia jauh berkembang, motornya menjadi semakin dekat dengan pabrikan Jepang, tapi kami membutuhkan waktu sedikit lebih banyak.”

“Motornya sangat kompetitif. Menurut saya, Aprilia lebih kompetitif dibanding KTM, dan mereka [KTM] akan menghadirkan dua motor untuk tim satelit musim depan “Aprilia juga siap, tapi saya lebih memilih untuk tetap lebih fokus dalam pengembangan motor,” paparnya.

Hal yang sama ternyata juga diungkapkan oleh Redding. Menurutnya, Aprilia belumlah memerlukan sebuah tim satelit. “Saya pikir bagi mereka, saya tidak merasa [memiliki tim satelit] adalah hal yang ideal saat ini,” jelas Redding.

“Saya pikir hal terbaik yang bisa dilakukan Aprilia adalah melakukan langkah [pengembangan motor yang ada saat ini] tersebut, dan fokus dengan apa yang mereka kerjakan.”

“Mereka mengontrak dua pembalap yang memiliki pengalaman dengan motor berbeda, itu bagus. Saya bisa memberikan pengalaman, Aleix pastinya juga bisa membawa pengalamannya, dan kami paham motornya semakin dekat ke depan. Anda belajar lebih, Anda melihat lebih.”

“Saya merasa jika mereka membawa tim lain, itu akan memberi tekanan lebih, waktu lebih, dan akan menghambat pengembangan kami,” pungkas Redding.

SHARE