Ayla Turbo GIIAS 2018 Tenaganya Naik Jadi 200 PS

Ayla Turbo GIIAS 2018

Ayla Turbo GIIAS 2018 menjadi penampilan perdana dari hasil kreasi R&D Daihatsu untuk memperkenalkan Ayla dengan modifikasi yang cukup ekstrim.

BSD (TenagaKuda) – PT Astra Daihatsu Motor meramaikan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dengan menghadirkan Ayla Turbo. Meski datang sebagai mobil modifikasi, namun Daihatsu Ayla ini disebut sebagai mobil konsep.

Ayla Turbo GIIAS 2018Ayla Turbo 2018 mengalami perubahan baik dari sisi eksterior, interior, dan tentu saja ruang mesinnya. Konsep yang diusung adalah Thrilling Simplicity, dan fokus utamanya memang pada sektor mesin. Jika Ayla tipe standar hanya mampu mengeluarkan tenaga 65PS untuk tipe D, D+, M, X dan 88PS untuk tipe X, R, mala pada Ayla Turbo GIIAS 2018 sanggup menghasilkan tenaga hingga 200PS atau sekitar 197 hp.

“Daihatsu selalu konsisten mengembangkan dan menampilkan mobil konsep. Kali ini, kami bawa mobil konsep Ayla Turbo. Harapannya ini bisa jadi inspirasi bagi industri otomotif Tanah Air, dan menunjukkan kemampuan R&D Daihatsu,” ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer ADM.

Ayla Turbo GIIAS 2018Menurut Pradipto, Ayla Turbo GIIAS 2018 adalah hasil kerja sama tim riset dan pengembangan ADM dengan bengkel yang biasa menangani performa mesin. Mobil ini masih menggunakan mesin bawaan Ayla, yakni 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc.

Namun dengan torsi yang sudah mencapai 242 nm, mesin tersebut sudah disandingkan dengan satu set turbocharger yang memiliki daya tekan hingga 14 per square inch. Penambahan perangkat performa instan ini membuat Daihatsu juga harus merubah piston dan setang piston dari Ayla standar. Kemudian demi mengatur rekayasa saluran bahan bakar ke ruang mesin, digunakan piggyback lansiran Dastek untuk mendukung kinerja ECU asli pabrikan.

Ayla Turbo GIIAS 2018Untuk sisi kosmetiknya sendiri, Ayla Turbo GIIAS 2018 sudah memakai paket bodykit lengkap. Mulai dari bemper depan, side skirt, serta bemper belakang yang ditambah under spoiler. Untuk bemper depan sendiri ditambah juga dengan front lip spoiler sehingga menambah kesan sporty dari mobil berkelir kombinasi merah dan hitam tersebut.

Untuk kaki-kakinya digunakan velg ring 15 inci Forgatio dengan balutan ban semi slick dari Achilles ukuran 195/50-R15. Dari balik velg ini juga sudah disematkan perangkat rem lansiran AP racing, dengan disk brake yang juga spek racing.

Ayla Turbo GIIAS 2018Ubahan dari sisi interior juga cukup ekstrim. Jok penumpang semuanya dilengserkan, tinggal hanya menyisakkan jok pengemudi, itu pun sudah diganti racing seat keluaran Sparco. Brand yang sama juga digunakan untuk lingkar kemudinya, sementara dashboard juga sudah ditambahkan panel meter baru dengan format digital.

Ayla Turbo GIIAS 2018Namun jangan harap mobil ini akan dijual untuk umum. Sebab Daihatsu hanya memajangnya di GIIAS 2018 sebagai mobil konsep. Haduuuhhh sedihhh….

SHARE