Balapan Liar Bakal Dilegalkan!

Jakarta (TenagaKuda) – Bagi pecinta balapan jalanan, kabar ini mungkin merupakan kabar gembira. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersiap untuk mengatur dan melegalkan aksi balapan liar di Jakarta.

Menurut kepolisian, mereka akan melakukan rapat koordinasi bersama Pemda maupun dengan stakeholder yang lain untuk membuat suatu wadah yang nantinya akan mengatur balapan di jalanan. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah agar balapan dijalanan tidak membahayakan bagi para pecinta kecepatan dan pengguna jalan lain.

Wacana ini tercetus karena banyaknya aksi balapan liar di jalanan ibukota yang sudah menjadi fenomena tersendiri ketika malam tiba. Dengan adanya wadah ini pula hobi balap jalanan bisa lebih tersalurkan.

Nantinya bila jadi, balapan tetap akan diselenggarakan di lokasi yang biasa menjadi tempat balapan liar berlangsung. Hanya saja, bila dahulu polisi datang untuk mengusir para joki jalanan, nanti aparat justru akan menjaga balapan tersebut.

Namun, polisi juga akan meminta pihak yang berwenang untuk memperbaiki jalanan yang berlubang di sekitar lokasi balapan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) pun kabarnya juga mendukung gagasan ini.

Bukan hanya aparat dan pemerintah yang akan turun tangan. IMI (Ikatan Motor Indonesia) pun akan digandeng. IMI akan mengatur regulasi dan aturan balap untuk para joki jalanan ini agar balapan jalanan menjadi hiburan tapi tidak membahayakan sang joki, penonton atau pengguna jalan lain.

Karena itu, rencananya calon pembalap jalanan harus terdaftar lebih dahulu dalam wadah organisasi yang dinamakan ‘Organisasi Balapan Kendaraan Bermotor Jakarta’. Calon pembalap juga harus tahu teknik-teknik dalam balapan.

Bila sudah diberikan keleluasaan seperti itu tapi masih banyak yang tidak menaati aturan yang sudah disepakati, maka polisi akan melakukan tindakan lebih keras.

Menurut rencana, lokasi balapan nantinya dibuat sebagai jalur car free night (CFN) dan akan mulai diujicoba pada pertengahan Februari mendatang. Lokasi tepatnya belum diumumkan. [Syu/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here