Begini Trik Nyetir Truk Biar Irit Bahan Bakar

Volvo Truck Indonesia Driver Challenge 2018

Trik nyetir truk biar irit bahan bakar ternyata jauh berbeda dengan mengemudikan mobil penumpang. Ada beberapa pemahaman yang wajib dilakoni sang pengemudi. Mau tau triknya?

Jakarta (TenagaKuda) – Agar bisa mengemudikan truk beban berat alias heavy duty truck, perlu beberapa pemahaman. Karena tidak semua pengemudi dapat mengemudikan truk berdimensi jumbo ini dengan cekatan. Apalagi kalau paham bagaimana trik nyetir truk biar irit bahan bakar.

Steven Aguw, Trainer Technical dan Driver Eka Dharma yang bekerja sama dengan Volvo Truck memberikan sedikit bocoran bagaimana agar bisa nyetir truk biar irit bahan bakar. Menurut dia, setiap truk memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga masing-masing pengemudi wajib memahami kendaraan yang akan dikemudikannya.

“Kalau di Volvo Truck, semua sopir harus di training lebih dulu sebelum mengemudikan truknya. Karena semua mobil berbeda antara yang satu dengan lainnya. Di Volvo Truck, training diberikan sehari atau dua hari dengan satu sopir ditemani satu trainer. Dan pelatihan ini dilakukan langsung di lokasi pertambangan,” kata Steven ketika ditemui di acara Volvo Truck Indonesia Driver Challenge 2018 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Kemudian, trainer yang sudah berkecimpung 19 tahun sebagai pelatih pengemudi Volvo Truck ini juga membocorkan trik nyetir truk biar irit bahan bakar. “Saya biasanya bikin rumus 1 3 5,” ucap dia. “1, driver. Pengemudi harus sehat saat mengemudikan truk. Harus tidur cukup, bahkan sampai cara tidur kita latih,” lanjut dia.

Volvo TruckKemudian 3, Steven menjelaskan kalau jalan yang harus dilalui pengemudi dibagi dalam 3 karakter. Yakni jalan rata, tanjakan, dan turunan. Setiap pengemudi harus paham bagaimana menghadapi tiga tipe jalan ini. Kalau jalan rata sebaiknya pakai mode Torque dan menjaga rpm mesin. Kalau tanjakan pakai mode Power. “Dan kalau turunan juga harus diatur rpm-nya,” kata Steven.

Selanjutnya tentang 5, yakni pengemudi truk wajib paham tentang 5 hal di kendaraannya. Lima hal tersebut adalah : Rem, Gas, Kopling, Gear dan Steering. Tiap-tiap elemen bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar jika pengemudi kurang memahaminya. Misalnya, makin dalam injak gas maka akan semakin boros bahan bakar, sebaliknya, makin sering injak rem juga makin boros.

Kemudian untuk mobil transmisi manual, pengemudi juga dituntut jangan terlalu banyak injak kopling. Karena hal ini akan membuat mobil makin boros baham bakar. Sama halnya dengan keseringan mengganti posisi gear, semakin banyak pindah gear semakin boros.

Volvo TruckKemudian jika ingin berbelok, usahakan jangan belok tajam. Karena semakin bengkok posisi ban atau semakin banyak putaran setir, maka semakin boros bahan bakar. “Triknya bisa lihat di para pembalap, kalau mau masuk tikungan, ambil dari sisi paling luar masuk ke sisi dalam biar meminimalisir rem juga,” jelas Steven.

SHARE