Berapa Sisa Mesin Masing-masing Pembalap MotoGP?

Barcelona (Tenaga Kuda) – Setiap pembalap MotoGP hanya mendapat jatah 7-9 mesin saja setiap musimnya. Sejauh ini, sudah berapa mesin yang digunakan masing-masing pembalap dan berapa sisanya?

Penggunaan mesin secara efektif dan efisien memang sangat penting untuk dilakukan. Sebab bila salah mengaturnya, bisa-bisa pembalap kehabisan mesin sebelum musim berakhir.

Tiap pembalap sendiri mendapatkan jatah 7 mesin tiap musim, kecuali pembalap dari tim yang mendapat konsesi seperti Suzuki, Aprilia, dan KTM yang mendapat jatah 9 mesin per pembalap.

Sejauh ini, Tom Luthi (EG 0,0 Marc VDS) adalah pembalap yang menggunakan paling sedikit mesin sejauh ini. Dia masih berada di motor keduanya.

Sementara Marc Marquez (Repsol Honda Team) dan rekan setimnya Dani Pedrosa telah menggunakan masing-masing tiga mesin, jumlah yang sama dengan pembalap Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

Adapun Jorge Lorenzo (Ducati), Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu), Karel Abraham (Angel Nieto) dan Xavier Simeon (Reale Avintia Racing) juga sudah menggunakan tiga mesin, bersama dengan Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS).

Sedangkan Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing) dan rekan setimnya Jack Miller berada di mesin keempat mereka, sama seperti Tito Rabat (Reale Avintia Racing), Alvaro Bautista (Angel Nieto) dan Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol).

Maverick Vinales dan rekan setimnya Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) juga telah menggunakan empat, sama dengan Andrea Dovizioso (Ducati).

Di sisi lain, pembalap dari tim-tim yang memiliki konsesi seperti Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan rekan setimnya Andrea Iannone telah menggunakan masing-masing tiga mesin.

Jumlah yang sama juga telah digunakan oleh Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) dan Scott Redding (Aprilia Racing Team Gresini).

Bradley Smith (Red Bull KTM Factory Racing) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) telah menggunakan empat mesin sejauh ini.

SHARE