Bila Tim Balap VR46 ke MotoGP, Tech 3 Bakal Disingkirkan Yamaha

Jakarta (Tenaga Kuda) – Saat ini Yamaha diperkuat dua tim di arena MotoGP. Movistar Yamaha berperan sebagai tim pabrikan, sementara Yamaha Tech 3 didaulat menjadi tim satelit. Tapi komposisi ini bakal berubah bila tim balap Valentino Rossi hadir di arena.

Sebab, bila tim balap Rossi datang ke kelas utama, maka tim Yamaha Tech 3 kemungkinan bakal didepak oleh pabrikan Jepang tersebut.

Hal ini patut diwaspadai oleh Tech 3. Sebab pada 16 Februari nanti Rossi bakal menginjak umur 39 tahun. Dia kini adalah pembalap tertua di grid dan kontraknya akan habis usai musim 2018. Hingga kini, belum ada pembicaraan pembaruan kontrak diantara Rossi dan Yamaha.

Bila pun Rossi pensiun di akhir tahun ini, maka dia tidak akan jauh-jauh dari dunia balap. Sebab saat ini saja Sky Racing Team VR46 milik Rossi sudah berlaga di Moto3 dan Moto2.

Sangat mungkin bila Rossi pensiun tim ini akan naik kelas ke MotoGP. Apalagi CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta sudah pernah mengatakan bila pihaknya siap memberi tempat pada tim Rossi di kelas utama.

Menariknya, bila benar itu terjadi Tech 3 bisa tersingkir karena kebijakan Yamaha hanya menginginkan adanya 4 motor balap mereka di grid yang berarti hanya akan ada satu tim pabrikan dan satu tim satelit.

“Saya pernah berdiskusi dengan mereka [Yamaha], di mana saya mengatakan, ‘Bisakah Anda memiliki enam motor di grid’, Mereka menjawab, ‘Tidak, terlalu banyak’,” buka bos Tech 3, Herve Poncharal di Motorsport.

“Saya pun berkata, ‘Oke, jika Anda mendapat permintaan dari VR46 dan Tech 3, siapa yang akan menjadi prioritas?’ ‘[Jawabannya] VR46.’ Jadi, ini sudah jelas,” pungkasnya.

SHARE