Bingkai Sepeda Ini Terbuat dari Tong Wiski Bekas

Portland (Tenaga Kuda) – Untuk sebuah sepeda dengan bingkai dari kayu mungkin sepeda buatan Renovo Hardwood Bicycles ini bukanlah yang pertama. Tapi sepeda ini tetap menarik karena dibuat dari kayu tong wiski bekas.

Ya, sepeda buatan Portland, Amerika Serikat ini dirakit oleh Renovo Hardwood Bicycles setelah bermitra dengan penyulingan wiski Glenmorangie. Nama sepeda ini pun jadi Glenmorangie Original.

Seperti disebutkan di atas, sepeda edisi terbatas ini terbuat dari tong wiski yang telah direklamasi. Di Glenmorangie, setiap tong yang terbuat dari kayu ek ini hanya digunakan untuk dua kali penyulingan.

Setelah tong dibongkar, kayunya kemudian dikeringkan dan dipotong sesuai ukuran. Permukaannya lalu dihaluskan.

Menurut Renovo, dibutuhkan waktu sekitar 20 jam untuk membangun sepeda yang memiliki berat sekitar 8 kg itu karena sepeda ini benar-benar dibuat secara hand-made.

Karena keunikanya tersebut, jangan berpikir sepeda ini akan berharga murah.

Sebab sepeda yang menggunakan groupset Shimano Ultegra itu dilepas dengan harga US$6.950 atau sekitar Rp92 juta, itu pun pemesannya harus membayar deposit US$1.000 atau sekitar Rp13,2 juta terlebih dahulu. Itu untuk Launch Edition.

Bila itu dirasa masih murah, ada Prestige Edition dengan electronic shifting system Dura Ace Di2 Shimano yang dlepas di angka US$11.450 atau sekitar Rp151,9 juta.

SHARE