BMW akan Aplikasi Sasis Berbahan Serat Karbon

Munich (TenagaKuda) – Bro and Sis… BMW secara resmi menyatakan jika mereka tengah meracik penggunaan materi serat karbon untuk sepeda motor. Teknologi serat karbon ini diadopsi dari teknologi yang sama yang telah mereka terapkan pada mobil BMW seperti i3 dan i8.

Demikian ditegaskan Karl Viktor Schaller yang bertanggung jawab untuk semua penelitian dan pengembangan sepeda motor BMW saat dikonfirmasi Motorcyclenews.

“Mungkin akan ada beberapa model motor kami dimana teknologi serat karbon akan diperkenalkan. Kami telah melihat teknologi ini untuk mobil kami dan saya pikir ini akan sama jika diapliaksikan kepada motor,” kata Schaller.

Kabarnya teknologi serat karbon ini akan diterapkan untuk sasis motor BMW. Namun ia buru-buru menjelaskan kalau penggunaan materi serat karbon tidak semata-mata hanya mengganti aliminium cor dengan bentuk yang sama.

Komponen serat karbon memiliki sifat yang sangat berebda dan ini memerlukan pemikiran kembali tentang rancangan awal motor tersebut.

Salah satu hal yang menjadi batu sandungan BMW untuk menggunakan material serat karbon adalah biaya penggantian part tersebut ketika rusak akibat tubrukan atau terjatuh. Hal ini karena adanya retak rambut saja maka serat karbon bisa dinyatakan sudah cacat.

“Ini telah menjadi salah satu unsur yang paling mengejutkan dari hasil pengujian dan evaluasi kami. Ternyata dalam keadaan tertentu serat karbon justru lebih kuat dan lebih baik dalam menahan kerusakan akibat kecelakaan,” tukas Karl. [Pra/Syu]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here