Bradley Smith Diklaim Dilirik Banyak Tim MotoGP

Jakarta (Tenaga Kuda) – Pembalap KTM, Bradley Smith dikabarkan dilirik Yamaha untuk menjadi pembalap tes. Tak hanya Yamaha, Aprilia pun kabarnya minat mendapat tandatangan dari pembalap Inggris tersebut.

Posisi Smith di KTM sendiri memang goyang setelah rencana kedatangan Johann Zarco musim depan.

Dengan kehadiran Zarco, masa depan Smith di kelas utama terlihat buram.

Namun saat SIC Yamaha mengumumkan Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo sebagai pembalapnya, Smith membatalkan niatnya untuk pensiun, dan melihat opsi sebagai pembalap tes.

Awalnya, Smith mempertimbangkan opsi bertahan di KTM, namun pabrikan Austria tersebut akan mengurangi jatah wild card tahun depan, ia pun mencari opsi lain yang bisa memberinya kesempatan setidaknya lima balapan.

Smith mengatakan saat ini ia fokus pada tawaran dari Apirilia atau Yamaha, namun ia memahami pabrikan Italia itu menjadi pilihan realisitis. Khususnya dengan status konsensi, yang berarti memiliki jatah wild card lebih banyak.

“Masih menunggu beberapa hal, ini antara Yamaha dan Aprilia. Keduanya masih tersedia, belum ada yang ditandatangani, jadi belum ada pengumuman,” kata Smith seperti TenagaKuda kutip dari Motorsport.

“Saya tahu apa yang saya inginkan, yakni lima kali penampilan wild card, dan ada di sana sebagai pembalap tes. Saat keputusan finalnya tersedia, lalu itu yang akan saya kejar. Masih menunggu Yamaha membuat keputusan dan rencana final mereka, namun sampai itu terjadi keduanya adalah opsi.”

Meski masih menunggu keputusan Yamaha, Smith mengklaim dirinya senang dengan kedua opsi. Namun ia sadar akan memiliki peran lebih besar dengan Aprilia, karena menurutnya YZR-M1 sudah menjadi motor yang mapan.

“Sejujurnya, saya senang dengan kedua opsi,” tambahnya ketika disinggung apakah Yamaha merupakan pilihan utamanya.

“Pada akhirnya, saya ingin menggunakan motor [SIC] Petronas, saya berusaha untuk itu pada pertengahan musim. Saya rasa itu akan menjadi peluang baik bagi saya.

“Namun, tampaknya baik Morbidelli dan Quartararo akan menandatangani kontrak dua tahun, dan mereka akan bertahan selama itu. Saya harus mempertimbangkannya, jika saya ingin kembali, di mana saya akan berada.

“Saya pikir saya membawa lebih banyak hal untuk Aprilia, karena saya telah berada dalam peran pengembangan ini bersama KTM, dan meningkatkan performa motor. Yamaha sudah menjadi motor yang baik, dan tidak banyak hal yang bisa dibawa oleh pembalap tes.

“Namun, apakah saya akan pergi dan bekerja keras, atau saya memilih motor yang sudah matang? Saya akan membuat keputusan saat kedua opsi tersedia.”

SHARE