Cal Crutchlow: Alex Rins Payah

Jakarta (Tenaga Kuda) – Saat balapan di MotoGP San Marino 2018 Cal Crutchlow sempat bertarung dengan Alex Rins. Namun Cal mengaku kaget karena Alex tidak memberikan perlawanan.

Sebab menurut Crutchlow seharusnya seorang pembalap tidak dengan mudahnya menyerahkan posisi.

Pada balapan yang digelar di sirkuit Misano itu, Rins start dari posisi ke-10, Rins melesat hingga posisi keempat pada awal balapan. Namun ia tak bisa mempertahankan intensitasnya memasuki pertengahan balapan.

Pada sepertiga akhir balapan, ia memperkenankan Crutchlow melewatinya setelah melebar di Turn 1.

Ketika ditanya perihal manuvernya terhadap Rins, Crutchlow menjawab: “Dia hanya lemah. Ia melihat saya datang, dengan kecepatan 0,3-0,4 detik tiap putaran untuk mengejarnya, dan ia memberi jalan dua kali untuk membiarkan saya melewatinya.

“Dan kemudian akhirnya ia mengerem lebih dulu, dan pada dasarnya memberi saya jalan, saya tidak tahu kenapa.”

Meski finis tujuh detik di belakang Crutchlow, Rins berhasil menjaga posisinya di lima besar, dan menuntaskan balapan di peringkat keempat setelah Jorge Lorenzo tersungkur.

“Tapi ia [Rins], balapan dengan baik. Ia bertahan di posisinya, ia bertahan dengan saya selama beberapa lap, itu sempurna,” tambah Crutchlow.

“Saya bingung, saya tidak pernah tahu seorang pembalap tiba-tiba memberi jalan. Itu bagus, itu manuver yang mudah.”

Sementara itu, Rins menjelaskan ia mengalami masalah dengan kompon ban depan medium, berkebalikan dengan ban belakang soft, yang bisa dikelolanya dengan baik.

“Saya mengerahkan 100 persen kemampuan saya sepanjang balapan, sejak lampu start menyala,” lugas Rins.

“Lalu saat Crutchlow menyalip saya berharap dapat membuntutinya, namun itu sulit karena saya memiliki masalah dengan ban depan.”

“Saya tidak tahu, apakah ini performa ban atau apa, namun [grip ban] menurun dengan sangat cepat, kurang lebih sejak FP3 dan FP4 kami mengalami masalah serupa.”

“Saya mempertimbangkan untuk finis, dan tidak kehilangan banyak waktu saat coba mendahului Cal.”

SHARE