Cal Crutchlow Menang MotoGP Argentina 2018

Termas de Rio Hondo (Tenaga Kuda) – MotoGP Argentina 2018 berlangsung seru. Marc Marquez membuat Valentino Rossi crash dan kemenangan diambil oleh Cal Crutchlow.

Pada balapan yang sempat mengalami penundaan beberapa menit itu kejutan tetap terjadi. Marc Marquez yang start dari posisi ke-6 mampu melesat hingga posisi kedua sesaat setelah start.

Tak hanya itu, Dani Pedrosa yang memulai lomba di posisi kedua crash di lap pertama. Dia tampak kaget karena Johann Zarco mencoba menyalip di tikungan bagian dalam.

Dan tak perlu menunggu lama, di lap kedua Baby Alien langsung mampu mengejar Jack Miller yang memulai start dari posisi terdepan.

Pada lap kedua posisi pembalap terdepan adalah Marquez, Millier, Alex Rins, Zarco, Cal Crutchlow.

Pada lap ketiga Zarco mulai mengejar Rins. Namun di belakangnya, Crutchlow seolah menanti kesalahan Zarco untuk menyalip.

Adapun Dovizioso hingga lap ke-4 masih ada di posisi ke-7, di belakang Tito Rabat yang ada di posisi ke-6. Dan di belakang keduanya, ada Valentino Rossi serta Andrea Iannone di posisi ke-8 dan 9.

Tapi satu lap setelahnya, Cal menyalip Tito dan Iannone mampu menyalip Rossi. Adapun race direction mengibarkan bendera putih tanda tiap pembalap boleh masuk pit untuk berganti motor.

Pada lap ke-7, Marquez yang tengah memimpin lomba terpaksa harus masuk pit karena menerima penalti akibat kesalahannya saat start, saat kembali ke trek dia ada di posisi ke-19.

Pada lap ke-8, para pembalap terdepan adalah Miller, Rins, Zarco, Crutchlow, Dovizioso, Rabat, Iannone, Vinales, Rossi.

Hal ini menarik karena grup terdepan diisi oleh Miller, Rins, Zarco dan Crutchlow yang terhitung bukan pembalap top MotoGP. Keempatnya mulai menjauhi para pembalap lain.

Pada lap ke-10, Marquez terlihat sangat agresif saat mau menyalip Aleix Espargaro untuk merebut posisi ke-18. Akibat agresifitas Marc itu Aleix tampak harus menepikan motornya.

Satu lap setelahnya, Marquez sudah ada di posisi ke-16 usai menyalip Nakagami dan Thomas Luthi.

Bila di depan Miller, Rins, Zarco dan Crutchlow berlomba untuk meraih podium, di grup kedua baru hadir para pembalap top MotoGP. Dovizioso memimpin grup kedua di posisi kelima. Di belakangnya ada Maverick Vinales, dan Rossi.

Pada lap ke-13, Vinales mulai mengincar DesmoDovi. Sementara di depan, Rins mencoba menyalip Miller untuk merebut posisi terdepan. Sedangkan Marquez ada di posisi ke-14.

Pada lap ke-14, Rins sempat sukses menyalip Miller tapi mampu disalip kembali oleh rider Australia tersebut. Marquez ada di posisi ke-12.

Pada lap ke-15, Vinales mampu menyalip Dovizioso dan satu lap kemudian giliran Rossi yang menyalip Dovi untuk merebut posisi ke-6.

Tak lama kemudian pertarungan ketat terjadi di grup terdepan. Rins kembali mencoba menyalip Miller tapi masih belum berakhir. Malahan posisinya sempat terancam oleh Zarco meski pada akhirnya dia masih mampu mempertahankan posisi kedua.

Pada lap ke-16, pertarungan ketat kembali diperlihatkan Rins dan Miller. Pada kesempatan ini Rins berhasil mengambil posisi terdepan dari Miller. Marquez ada di posisi ke-10.

Komposisi grup terdepan kini Rins, Miller, Zarco, Crutchlow.

Di grup kedua hadir Vinales, Rossi, dan Dovizioso. Pada lap ke-17, Marquez sudah ada di posisi ke-8, di belakang Dovizioso.

Di lap yang sama Rins melakukan kesalahan hingga akhirnya terperosok ke posisi ke-4. Ada pun di depannya, Zarco tersalip Crutchlow. Komposisi pembalap terdepan berubah menjadi Miller, Crutchlow, Zarco dan Rins.

Marquez lalu mulai menyerang Dovizioso dan pada lap ke-18 dia mampu menyalip Dovizioso untuk merebut posisi ke-7. Tatapannya kini ada di duo Yamaha, Vinales dan Rossi.

Di lap itu Miller melakukan kesalahan karena melebar saat menikung yang membuat posisinya terdepak. Komposisi pembalap terdepan kini Crutchlow, Zarco, Rins dan Miller.

Pada lap ke-20, Marquez mulai mengejar Rossi untuk merebut posisi ke-6.

Pada lap ke-21, Marquez kembali menunjukkan agresifitasnya. Kali ini korbannya adalah Rossi yang terjatuh meski akhirnya masih bisa melanjutkan lomba di posisi ke-19.

Di depan, Zarco mengambil alih kepemimpinan lomba di depan Crutchlow dan Rins. Satu lap setelahnya giliran Alex Rins yang menyalip Crutchlow tapi tak lama setelahnya, Crutchlow kembali menyalip Rins untuk posisi kedua.

Pada lap ke-23 Crutchlow akhirnya benar-benar mampu menyalip Zarco dan memimpin perlombaan.

Saat lap terakhir di mulai, pembalap terdepan adalah Crutchlow, Zarco dan Rins serta Miller, adapun Marquez mulai mengejar Vinales untuk merebut posisi kelima.

Dan ketika bendera kotak-kotak dikibarkan, Crutchlow mampu meraih kemenangan diikuti oleh Zarco dan Rins di posisi podium.

Miller ada di posisi ke-4, sementara Marquez mengakhiri lomba di posisi ke-5, Vinales ke-6, Dovizioso ke-7, Rabat ke-8, Iannone ke-9 dan Syahrin ada di posisi ke-10. Sedangkan Rossi ada di posisi ke-19.

Tapi karena agresifitasnya, Marquez terkena penalti hingga akhirnya dia hanya diberi posisi ke-18.

Berikut hasil lengkap MotoGP Argentina 2018:

SHARE