Cewek Juga Sekarang Banyak yang Minat Jadi Mekanik Motor

Jakarta (Tenaga Kuda) – Kini bukan cuma cowok yang berminat jadi mekanik motor, tapi cewek juga tak mau kalah. Apakah ini yang namanya emansipasi wanita?

PT Wahana Makmur Sejati (WMS) sebaga main dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang mencatat, jumlah wanita yang mau jadi mekanik cukup banyak. Ini terlihat dari jumlah peserta Honda Skill Student Contest 2018.

WMS mencatat, jumlah peserta Honda Skill Student Contest 2018 mencapai 53 sekolah. Para peserta ini datang ari sekolah binaan Wahana di wilayah Jakarta dan Tangerang. Menariknya, dari total 105 pelajar yang jadi peserta, diikuti peserta dari lakilaki dan juga wanita.

Adapun peserta kontes wanita tersebut adalah Nur Fitriyani dari SMKN 2 Tangsel, Siti Munawaroh dari SMKN 7 Kab. Tangerang, Deva Ayu Lestari SMK Al Falah Tangerang dan Novita Sari SMK Permata Kemiri Tangerang. Keempat siswi ini mengikuti kontes setelah berhasil lolos pada tahap seleksi yang dilakukan di sekolah.

“SMK binaan honda tidak hanya jadi pilihan anak laki laki namun juga jadi pilihan anak wanita. Ini menunjukan bahwa jurusan teknik dan bisnis sepeda motor jadi jurusan yang dipilih banyak pelajar,” papar Taryudin, Group Head Corporate Communication WMS.

Honda Skill Student Contest 2018 diisi dengan dua tes, tertulis dan praktek meja. Seluruh peserta wajib mengikuti tes dengan materi seputar mesin, umum, sasis, PGM FI, kelistrikan, trouble shooting hingga product knowledge.

Seluruh peserta setiap tahap berkurang sesuai nilai yang dimiliki. Diawali dengan seleksi di sekolah, pelajar ikuti tahap kedua tes tertulis, dan bagi yang lolos akan ikuti tahap tes praktek meja.

Keempat siswi yang mengikuti kontes ini mengaku senang berkompetisi dengan siswa laki-laki. Mereka juga mengaku bahwa kurikulum yang dimiliki jurusan Teknik dan Bisnis sepeda motor Honda sangat menarik dan bermanfaat.

“Saya sengaja memilih jurusan ini. Selain suka dengan otomotif, jurusan ini juga dapat membuka wawasan dengan ilmu bisnis dibidang otomotif,” papar Nur Fitriyani siswi asal SMKN 2 Tangerang.

Tidak hanya tingkat regional Jakarta dan Tangerang. Pemenang kontes ini selanjutnya akan dapatkan pembinaan dan pendalaman materi untuk mengikuti kontes mekanik SMK tingkat nasional 2018 yang digelar PT. Astra Honda Motor. Sebagai pelopor berkendara aman, wahana sempatkan edukasi safety riding pada saat kontes tertulis ini.

SHARE