Colin Edwards: Ban Michelin Punya Karakter Berbeda dari Bridgstone

Valencia (TenagaKuda) – Juara dunia dua kali, Colin Edwards, kini menjadi tester untuk ban Michelin yang menjadi pemasok tunggal di balapan MotoGP 2015. Menurut Colin Edwards, ban Michelin punya karakter yang berbeda dengan Brigdestone.

Colin Edwards menyebutkan MotoGP kini kembali menggunakan ban dengan ukuran 17 inci setelah sebelumnya pernah diperkecil jadi 16,5 inci. Hal ini tentu membuat gaya pengereman para rider bisa sedikit berubah.

Terlebih lagi, kata Edwards, fokus Michelin kini mengacu pada ban depan. “Motor-motor kini sudah dibekali begitu banyak fitur elektronik sehingga memungkinkan motor mengerti benar bagaimana selalu menciptakan grip terbaik. Dan untuk ban depan kami sudah mengerjakan banyak hal, serta juga punya banyak hal yang harus dikerjakan,” katanya.

Sebagai pembanding, ban Bridgestone kata Colin Edwards sudah punya reputasi ban depan yang dipuji oleh para rider seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez. “Ban Bridgestone, menurut saya, Anda bisa gas pol lalu rem penuh, menikung, dan Anda masih bisa terus melaju. Tapi ini berbeda dengan Michelin,” lanjut pembalap 40 tahun itu.

Baginya, menggunakan Michelin seperti mengembalikan gaya balap era kejayaannya dulu. “Dengan Michelin Anda tidak bisa langsung rem penuh, tetapi harus mengurangi kecepatan sedikit demi sedikit, dan itulah bagaimana seharusnya membalap,” tukas Edwards.

Ini tentu kata Edwards dibutuhkan adaptasi baru. Tetapi catatan tes driver Ducati, Michele Pirro terbukti hanya 0,2 detik lebih lambat dibanding catatan terbaiknya menggunakan ban Bridgestone. [Pra/Syu]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here