Di India, Biker Disumpah untuk Selalu Pakai Helm

New Delhi (TenagaKuda) – Bro and Sis… Mungkin Kepolisian di Jakarta perlu menerapkan aturan yang diberlakukan di India. Karena di sana setiap pemilik sepeda motor wajib menandatangani semacam sumpah untuk selalu menggunakan helm ketika berkendara.

Peraturan ini dimulai sejak awal 2015, ketika para dealer motor harus menyertakan helm sebagai paket penjualan. Kemudian sang pembeli diberi surat perjanjian untuk selalu mengenakan helm ketika berkendara.

Jika suatu saat pengendara motor terlibat dalam kecelakaan dan diketahui tidak menggunakan helm, maka pemilik motor itu akan dikenai sangsi tambahan. Pihak Keplisian dan petugas lalu lintas bahkan berhak menahan pengendara yang tidak menggunakan helm itu.

Selain itu para pemilik sepeda motor yang kedapatan tidak menggunakan helm ketika berkendara juga akan di blokir SIM dan STNK-nya sampai ia membayar denda dan kembali disumpah untuk tidak mengulangi lagi kesalahannya.

Penandatangan sumpah ini dalam rangka meningkatkan komitmen bikers di India untuk selalu menggunakan helm. Pasalnya angka kecelakaan di Negeri Bollywood itu sangat tinggi.

Pada 2013 saja angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor mencapai 1.214 dengan angka kematian sekitar 377 jiwa. Itu artinya setiap 4 menit ada kematian akibat kecelakaan sepeda motor. [Pra/Syu]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here