Diamondback Andean: Sepeda Triathlon Tercepat di Dunia

Jakarta (Tenaga Kuda) – Bagi para penggila olahraga ketahanan seperti triathlon, maka sepeda ini patut dilirik. Inilah Diamondback Andean yang diklaim sebagai sepeda triathlon tercepat.

Diamondback Andean dikembangkan dalam dua tahun dan sudah diuji di terowongan angin di University of Toronto Institute for Aerospace Studies seperti mobil atau motor sport.

Mereka mengklaim telah mengungguli semua pesaingnya, termasuk dalam hal kecepatan yang mungkin bisa dicapai ketika menggunakannya.

diamondback-andean-2017-1

Hal itu mereka capai karena sudah menggunakan rangka serat karbon yang mereka sebut “Aero Core” yang desainnya untuk meminimalkan hambatan. Dengan desain ini, udara dipecah oleh roda depan dan mengalir ke samping untuk kemudian dilepas di roda belakang.

Idenya adalah mengisi ruang kosong di antara kedua roda agar bisa meminimalkan turbulensi.

Di tubuhnya juga terdapat banyak tempat untuk menyimpan barang. Kompartemen terpadu bisa membawa tiga botol air.

diamondback-andean-2017-2

Model dasar memiliki drivetrain SRAM Force X1 dan pelek HED Ardennes Plus dilepas dengan harga US$ 4.779,99 atau sekitar Rp63.7 juta.

Adapula versi yang sudah dilengkapi dengan drivetrain Shimano Dura-Ace Di2, rem cakram hidrolik Dura-Ace dan pelek HED Jet Black 9. Untuk versi ini harganya US$ 8.069.99 atau sekitar Rp107.5 juta.

Sementara itu, untuk bobot akan bervariasi tergantung pilihan komponen yang digunakan. Tapi rata-rata sepeda ini hanya akan memiliki berat 9,3 kg saja.

SHARE