‘Diskualifikasi Marquez!’

Termas de Rio Hondo (Tenaga Kuda) – Agresifitas Marc Marquez di MotoGP Argentina 2018 terus mendapat kecaman. Manajer Ducati bahkan mengatakan Marquez harusnya didiskualifikasi dari balapan.

Adalah Manajer Ducati, Carlo Pernat yang mengatakan bila balapan di Termas de Rio Hondo akhir pekan lalu tidak seperti balapan profesional yang dia kenal selama ini.

“Gila. Grand Prix yang tidak profesional, baik dari segi peraturan dan pembalapnya,” kecam Pernat.

“Saya akan memberi nol poin untuk Race Direction karena mereka mengambil tindakan yang luar biasa. Mereka meninggalkan [Jack] Miller sendirian di grid, ketika yang perlu mereka lakukan hanyalah menunda waktu lima menit.”

“Sungguh menggelikan melihat Jack start sendiri dengan sekelompok pembalap lain 30 meter dibelakangnya,” tambah Pernat di GPOne.

Terkait dengan Marquez, Pernat pun berkomentar bahwa Baby Alien tidak seharusnya dibiarkan start bersama pembalap lain. Setelah mesin mati dan memutar motor sebelum start, Marquez memang dihukum untuk kembali ke pitlane.

“Sangat memalukan. Jika dia start dari pit tidak akan ada yang terjadi.”

Sebab setelah keluar dari pitlane, dan kembali ke balapan, Marc yang tengah memimpin balap terdampar ke posisi 19. Itulah yang membuat Marquez menjadi agresif untuk kembali ke baris depan.

Sebelum mengalami insiden dengan Rossi yan membuat The Doctor crash, Marquez sudah lebih dulu hampir membuat Aleix Espargaro kecelakaan.

Akibat insiden dengan, Marquez dihukum penalti 30 detik. Jadi, Baby Alien yang finish di posisi ke-5 harus puas tercatat ada di posisi ke-18 saat hasil lomba diumumkan.

“Mereka menghukumnya dengan penalti waktu 30 detik tetapi siapa yang memberi poin ke Valentino?,” lugas Pernat terkait potensi poin yang hilang dari tangan Rossi karena finish di posisi ke-19 usai crash.

“Sekarang Marc menyuruh semua orang melawannya dan mereka takut dipukul olehnya. Dia tidak bisa lagi melakukan apa yang dia suka. Dorna harus mendiskualifikasi dia untuk satu balapan dan jika tidak, itu akan membayangi seluruh kejuaraan,” papar Pernat.

“Saya ingat ketika Capirossi didiskualifikasi dari balapan Barcelona setelah insiden dengan Lucchi di Mugello, tetapi [sekarang] keadaan memburuk di Rio Hondo. Marc harus menjaga dirinya sendiri, dia tidak bisa lagi melakukan apa yang dia suka, karena ini salah.”

SHARE