Dovizioso Crash, Marquez Juara Dunia MotoGP 2017

Valencia (Tenaga Kuda) – Balapan GP Valencia yang digelar di sirkuit Ricardo Tormo berlangsung ketat. Andrea Dovizioso yang merupakan kandidat juara dunia MotoGP 2017 harus mengubur impiannya karena crash hanya 6 lap menjelang akhir lomba.

Selepas start, Dani Pedrosa yang memulai balapan dari posisi kelima melesat kedepan untuk mengisi posisi kedua di belakang Marc Marquez. Namun hal itu tidak lama karena di lap kedua Johann Zarco datang dan menyalipnya.

Di sisi lain, Andrea Dovizioso mulai merangkak naik. Memulai start dari posisi ke-9, DesmoDovi sudah ada di posisi kelima saat balapan masih dua lap.

Di lap ketiga, Zarco terus menekan Marquez dan satu lap setelahnya dia berhasil meraih kepemimpinan perlombaan. Komposisi di depan kini menjadi Zarco, Marquez, Pedrosa, Jorge Lorenzo, Dovizioso.

Di lap kelima, Dovizioso mulai membidik Lorenzo namun tak juga bisa disalipnya. Di lap ke-10, Rossi yang berada di posisi ke-7 mulai membidik Iannone yang ada di depannya. Namun di belakangnya, Jack Miller juga mengawasi dengan ketat.

Di depan, Marquez masih terus mencoba mengejar Zarco. Di tikungan Turn 13 pada lap ke-11 saja dia melibasnya dengan kecepatan 200km/jam. Tapi Zarco masih kuat untuk mempertahankan posisinya. Komposisi pembalap terdepan pun tidak berubah: Zarco, Marquez, Pedrosa, Lorenzo, Dovizioso.

Namun di saat yang bersamaan, Rossi sudah menyalip Iannone untuk merebut posisi keenam.

Di lap ke-13, Dovizioso kembali mencoba menyalip Lorenzo, yang dijawab Lorenzo dengan tidak memberinya celah. Sampai lap ke-16, tidak ada perubahan di komposisi pembalap terdepan.

Menjelang akhir lomba, melihat Lorenzo tak juga memberi jalan pada Dovizioso, tim Ducati memerintahkan Majorcan lewat papan perintah di pit untuk memberi jalan Dovi. Itu terjadi saat balapan menyisakan 11 lap.

Namun, perubahan posisi diantara keduanya tidak terjadi hingga akhirnya Ducati terus memberi perintah tersebut di tiap lap.

Pada 10 lap menjelang akhir lomba, Marquez menyerang Zarco untuk merebut posisi terdepan, tapi Zarco masihlah kuat. Balapan terus berlangsung namun komposisi tidak berubah.

Baru pada 8 lap menjelang akhir balapan Marqurez mampu menyalip Zarco. Namun karena terlalu ngotot tak lama kemudian dia hampir crash sampai akhirnya hingga masuk gravel. Beruntung dia tidak terjatuh dan mampu masuk kembali ke arena meski harus puas di posisi kelima.

Dengan begitu maka komposisi kini menjadi Zarco, Pedrosa, Lorenzo, Dovizioso, Marquez, Rins, Rossi, Iannone.

Saat balapan menyisakan 6 lap, petaka terjadi pada Jorge Lorenzo yang crash. Bencana untuk Ducati kemudian berlanjut, tak lama kemudian Dovizioso crash. Keduanya terpaksa harus keluar dari balapan.

Melihat perjuangan yang sudah diberikan, saat Dovizioso masuk pit, semua kru Ducati memberinya tepuk tangan.

Dengan begitu, Marquez di mana pun posisi dia finish dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2017.

Namun balapan masih berlangsung. Di 5 lap menjelang finish, pertarungan terjadi antara Zarco dan Pedrosa. Pedrosa menyerang Zarco, namun Zarco mampu kembali menyerang untuk kemudian mengambil kembali kepemimpinan.

3 lap menjelang akhir lomba komposisi pembalap terdepan adalah Zarco, Pedrosa, Marquez, Rins, Rossi, Iannone.

Pertarungan Zarco dan Pedrosa terus berlangsung ketat. Keduanya sudah jauh meninggalkan rival-rivalnya. Pada lap terakhir akhirnya Pedrosa benar-benar bisa menyalip Zarco dan memimpin jalannya perlombaan.

Saat bendera kotak-kotak berkibar dan finish Pedrosa finish pertama diikuti Zarco, Marquez, Rins, Rossi, Iannone, Miller, Cal Crutchlow, Michele Pirro, Tito Rabat, Bradley Smith, Maverick Vinales, Danilo Petrucci.

SHARE