Ducati akan Pangkas Gaji Lorenzo

Sepang (Tenaga Kuda) – Bila kebanyakan orang akan meminta kenaikan gaji jika harus bertahan di suatu tempat kerja, tidak begitu halnya dengan Jorge Lorenzo. Majorcan kemungkinan harus rela gajinya dipangkas bila ingin tetap bertahan di Ducati Corse.

Saat ini, kontrak Lorenzo tercatat akan habis usai musim 2018 dengan bayaran yang diyakini sekitar 12 juta euro per tahun. Ini merupakan salah satu bayaran rider tertinggi di MotoGP.

Namun bila ingin tetap bertahan di tim Italia tersebut, pendapatan juara dunia lima kali tersebut kemungkinan akan dibabat.

Sebab saat ini Andrea Dovizioso juga tengah melakukan negosiasi kontrak baru dengan Ducati. Dan dengan prestasi gemilang pada musim 2017, DesmoDovi diyakini akan meminta bayaran lebih.

Sebab rider yang mencetak enam kemenangan di MotoGP 2017 itu hanya digaji sekitar 2 juta euro saja. Angka ini tentu patut untuk dinaikkan. Tapi harus ada yang dikorbankan agar neraca keuangan tim tidak bermasalah.

“Niat kami adalah tetap bekerja dengan kedua pembalap, tapi batas ekonomis kami jelas,” kata Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti.

“Kami akan berbicara dengan sponsor, karena Telecom Italia memutuskan untuk meninggalkan kami. Ketika kami mendapatkan ide tentang berapa banyak uang yang dapat kami berikan, maka akan lebih mudah untuk berbicara dengan manajer [para pembalap].

“Yang jelas, situasinya sangat berbeda dibanding 2016. Saat kami merekrut Jorge, dia mendapat tawaran yang sangat penting dari Yamaha selama dua tahun lagi dan merupakan juara dunia.”

“Ketika kami memperbarui [kontrak] Andrea, pada pertengahan 2016, dia tidak pernah menang dengan Ducati. Kami akan memberi penghargaan atas apa yang dia lakukan pada 2017.”

“Pembalap seperti dia [Dovizioso], dengan kontrak yang akan berakhir pada akhir tahun ini berada dalam posisi negosiasi lebih kuat dari sebelumnya,” lugasnya di Motorsport.

“[CEO Ducati] Claudio Domenicali sudah mengatakannya saat peluncuran tim. Ducati berusaha menarik perhatian Lorenzo, tapi ini pada saat tertentu.

“Saya rasa kami tidak bisa memberi Jorge uang sebanyak yang diterimanya ketika [awal] datang ke tim,” pungkas Ciabatti.

SHARE