Ducati Usir Danilo Petrucci

Sepang (Tenaga Kuda) – Ambisi Danilo Petrucci untuk menjadi pembalap tim pabrikan Ducati harus dikubur. Sebab Ducati Corse lebih memilih mengedepankan dua pembalapnya, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Petrucci yang tampil menawan di MotoGP 2017 memutuskan bahwa musim 2018 ini adalah tahun terakhirnya bersama tim satelit Ducati, Pramac Racing.

Keputusan itu dia ambil karena peluang untuk mewakili tim pabrikan di grid kelas utama tidak akan bisa tercapai dalam waktu dekat. Keputusan itu pula yang membuat Pramac kini dikabarkan tengah mendekati pembalap Moto2, Francesco Bagnaia.

Memang, kontrak Lorenzo dan Dovizioso akan habis di akhir musim 2018, tapi Ducati sudah menegaskan bila prioritas mereka adalah untuk mempertahankan keduanya. Hal itulah yang membuat peluang Petrucci membela tim pabrikan menipis.

“Target Ducati adalah mempertahankan pembalap resmi kami saat ini,” tegas Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti di Motorsport.

“Kami telah melakukan investasi dengan Andrea dan Jorge. Jadi, kami harus memperbarui [kontrak].”

“Danilo harus pintar dan pergi, dan mencari tim pabrikan [alternatif]. Programnya dengan Pramac selesai tahun ini dan saya pikir dia adalah rider yang cocok untuk struktur pabrikan.”

“Normal jika dia menginginkan lebih banyak uang dan dalam artian semuanya terkait dengan penandatanganan [kontrak] dengan sebuah pabrikan. Entah itu dengan kami atau lainnya.”

Petrucci yang musim lalu meraih empat podium dan finish di peringkat kedelapan di klasemen akhir diperkirakan hanya dibayar sekitar 200 ribu euro per tahun.

Angka itu sangat kecil Jumlah yang sangat kecil jika dibandingkan gaji Lorenzo yang mencapai 13 juta euro per tahun.

Bila target Petrucci adalah membela tim pabrikan, Aprilia diyakini menjadi opsi yang paling memungkinkan. Sebab musim lalu Aprilia sudah mencoba untuk merekrut Petrucci sebagai pengganti Sam Lowes.

SHARE