Futuristik! Cyclotron Punya Teknologi Autopilot

Jakarta (TenagaKuda) – Dunia otomotif akan segera mengadopsi teknologi autopilot. Barisan pabrikan mobil sudah mulai mengembangkannya dan ternyata motor berteknologi autopilot pun tengah dikembangkan.

Motor itu adalah Cyclotron, sebuah motor unik yang bisa berjalan sendiri ke tujuan tanpa perlu dikemudikan,

Motor ini memiliki kabin kecil yang tertutup untuk 2 orang penumpang. Saling berhadapan agar bisa mengobrol sepanjang perjalanan.

Pengembangnya adalah insinyur mekanik Charles Bombardier bersama Ashish Thulkar, freelance industrial designer dari Indian Institute of Science.

“Ini waktunya untuk berimajenasi, mendesain dan mengembangkan generasi baru kendaraan perkotaan. Sesuatu yang akan meminimalkan jejak kaki manusia, yang dapat beroperasi sepanjang tahun dalam segala cuaca, dan berjalan dengan listrik bukannya bensin,” tulis Charles di Wired.

Cyclotron-motorcycle-1

Dirinya mengakui kalau inspirasinya datang dari dua motor yakni Tron Light Cycle dan Lit C1 yang punya teknologi self-balancing.

Meski dia adalah seorang dari keluarga yang terkenal di dunia kedirgantaraan, Charles memilih untuk berfantasi di bidang berbeda, meski baru sebatas konsep semata.

Sebuah sistem gyroscopic seperti pada C1 dibayangkan hadir untuk membuat kendaraan tetap stabil setiap saat, bahkan ketika sepenuhnya berhenti motor akan tetap berdiri.

Dan karena ini adalah motor otonom, maka penumpang hanya tinggal mengarahkan motor ke tempat tujuan dan biarkan motor berjalan.

Bila ini sukses terealisasi, Charles membayangkan tak ada lagi hambatan cuaca bagi setiap orang untuk bepergian dan bahkan bisa dijadikan sebuah ojek oleh perusahaan. [Uma/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here