Grunner: Sepeda Listrik Canggih dari Kroasia

Jakarta (Tenaga Kuda) – Saat ini sepeda listrik mulai digemari karena memberi solusi mobilitas ditambah semangat ramah lingkungan. Bila mencari sepeda listrik canggih, sepeda ini pantas untuk dilirik.

Sepeda ini adalah Grunner, sebuah sepeda listrik yang dikembangkan oleh Mobile Vehicle Technology and Absolute Design yang berbasis di Kroasia. Grunner menawarkan sesuatu yang unik yakni jauhnya jarak jelajah sepeda mereka karena mampu melahap 180km sebelum tenaganya harus diisi ulang.

Dilihat sekilas, Grunner yang punya bobot 25 kg ini memang tampak seperti sepeda listrik pada umumnya. Tapi lihatlah bagian tengah sepeda di mana baterai lithium-ion 1,5 kWh hadir dalam fairing komposit.

grunner-e-bike-2017-2

Baterai itu membuat sepeda ini mampu melaju sampai 180 km dalam Eco Mode atau 100 km (62 mil) dalam Power Mode. Bila daya di baterai habis, maka butuh waktu sekitar 90 menit untuk mengisi ulang tenaganya.

Bila menggunakan Eco Mode, maka pengendara bisa mengendarai sepeda ini dengan kecepatan tertinggi 25km/jam, sedangkan pada Power Mode kecepatan puncaknya mencapai 50km/jam. Cukup kencang untuk ukuran sepeda.

Selain itu, penunggangnya juga bisa mengatur kemampuan sepeda melalui layar sentuh tujuh inci yang dipasang di setang. Di panel itu hadir dengan detail kecepatan, jangkauan dan mode berkendara yang ada.

Suspensi depan Rockshox 200mm, pelek 26inci serta rem hidrolik dari Shimano yang mampu meregenerasi tenaga listrik sudah teraplikasi di sepeda ini.

grunner-e-bike-2017-1

Bila digunakan oleh anak, maka orang tua juga dapat menggunakan sistem untuk mengunci sepeda dalam mode daya rendah agar sepeda tidak bisa mengebut.

Apalagi orang tua juga bisa terus memantau sepeda karena semua data yang tertangkap dalam perjalanan bisa diakses dari jarak jauh melalui web.

Namun semua fasilitas ini tidak murah. Harga sepeda listrik ini dimulai dari angka 4.000euro atau sekitar Rp61 juta di wilayah Eropa.

SHARE