Harga Ban Shinko Tidak Naik

Jakarta (Tenaga Kuda) – Ada dua hal yang memukul produsen ban Shinko di Indonesia yakni fluktuasi nilai rupiah dan pandemi Covid-19. Hal ini ternyata tidak berpengaruh pada harga jual ban asal Korea Selatan tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, harga nilai tukar rupiah terhadap dolar memang sangat fluktuatif. Bahkan pernah mencapai Rp16.500 untuk 1 US$.

Sebagai ban yang merupakan produk impor, hal ini sebenarnya cukup membuat pihak PT Roda Swamitra Perkasa (RSP) selaku importir Shinko agak ketar-ketir. Tapi penyesuaian harga untuk konsumen masih belum dilakukan.

“Kita berbelanja ke pabrik di Korea pakai US dollar, karena itu kita sangat memantau nilai tukar. Tapi demi kepuasan konsumen maka sampai saat ini price list kita masih yang sama kok,” kata Indra Syakti selaku pimpinan PT RSP.

Saat ini harga ban Shinko masih sama dengan daftar harga yang diterbitkan pada pertengahan 2018.

Indra juga menjelaskan bahwa sudah mulai ada pertanyaan dari para dealer mengenai perubahan harga ini. Tapi ditegaskan bahwa sampai saat ini harga masih sama.

“Mereka mungkin bertanya karena beberapa merek lain yang sesama ban impor sudah menaikkan harga,” lanjut Indra.

Pendemi Covid-19 saat ini memang membuat pasar terpengaruh. Penjualan Shinko juga mengalami sedikit penurunan tapi masih dalam taraf tidak terlalu parah.

“Mungkin karena harga kita stabil sehingga penjualan di masa PSBB ini tidak turun terlalu drastis,” ungkap ayah 2 anak ini.

Saat ini PT RSP juga masih membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menjadi jaringan pemasaran Shinko di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk yang berminat menjadi rekanan bisa menghubungi nomor 0811-8840-126 atau 0812-1188-465.

SHARE