Harley-Davidson Siap Buka Pabrik di Thailand

Bangkok (Tenaga Kuda) – Selama ini Harley-Davidson sangat identik dengan Amerika Serikat. Namun siapa sangka saat ini Harley tengah membangun pabrik di Thailand.

Sejak dahulu Harley dikenal sebagai ikon Amerika. Inilah motor yang didesain oleh orang Amerika, terkenal di Amerika dan diproduksi di Amerika.

“Kami bangga padamu! Dibuat di Amerika, Harley-Davidson,” kata kata Presiden Amerika Serikat Donald Trump seperti dikutip New York Times.

Modifikasi-Harley-Davidson-Street-500-Cafe-Racer-2

Tapi kini, besarnya cost produksi untuk membuat motor di tanah Paman Sam memaksa Harley mencari solusi agar bisa terus bersaing di tataran global.

Menurut Harley, nantinya pabrik di luar Amerika akan dibangun bukan untuk pasar Amerika, tapi untuk dijual di Asia. Di sisi lain, pabrik di Amerika tetap akan ada.

Tentu para pekerja di Amerika tidak senang dengan keputusan Harley tersebut. “Mengapa kita tidak bisa membangunnya di A.S. dan mengekspornya?,” ujar Leo W. Gerard, the international president of the United Steelworkers yang mewakili para pekerja di pabrik Harley di Wisconsin dan Missouri.

“Ini sama sekali bukan tentang memindahkan pekerjaan dari Amerika Serikat. Ini tentang menumbuhkan bisnis kita di Asia,” kata Marc D. McAllister, managing director of international sales Harley-Davidson yang berbasis di Singapore.

Mabua-Harley-Davidson-Street-500

Harley mengatakan bahwa pabrik Thailand akan menjadi pabrik kedua di luar AS setelah India yang baru nantinya akan membantu mereka melayani lebih banyak konsumen Asia. China dan pasar Asia Tenggara akan menjadi targetnya.

Sebagai catatan, penjualan internasional Harley tahun lalu tumbuh 2,3 persen; Sebaliknya, penjualan di Amerika Serikat turun 3,9 persen.

SHARE