Honda Gold Wing 2018 Makin Perkasa

Tokyo (Tenaga Kuda) – Setelah lama ditunggu, generasi keenam dari Honda Gold Wing akhirnya lahir. Honda Gold Wing 2018 diperlihatkan di Tokyo Motor Show 2017.

Motor ikonik dari raksasa Jepang tersebut lahir dengan semua yang serba baru. Ada dua varian, versi bagger dinamakan Honda Gold Wing, sementara versi touring diberi label Honda Gold Wing Tour.

Kedua varian model tahun 2018 adalah adalah motor yang benar-benar baru. Hampir tidak ada bagian dari motor ini yang sama dengan motor generasi sebelumnya, dan keduanya dibangun di atas mesin enam silinder yang juga baru.

Fokus pada desain yang lebih kompak, Honda Gold Wing 2018 lebih ringan dari versi sebelumnya. Honda mampu mencapai hal ini melalui beberapa cara, mulai dari mesin yang lebih kompak, sistem suspensi depan yang baru, dan fokus desain yang lebih efisien agar bisa mereduksi berat.

Menurut Honda, desain baru itu memiliki aerodinamika 12 persen lebih bagus dibanding versi sebelumnya dan ketika hal itu disandingkan dengan mesin baru, maka ada penghematan bahan bakar sebesar 20 persen.

Di motor ini pula Honda untuk pertama kalinya mengaplikasi dual-clutch transmission (DCT) generasi ketiga yang sudah melalui perubahan mekanis dan elektronik.

Sistem yang telah lebih disempurnakan ini membuat perpindahan gigi pada transmisi otomatis 7-speed atau transmisi manual 6-speed yang disediakan menjadi lebih cepat dan lebih lancar.

Motor yang menggunakan suspensi depan double wishbown itu juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur terkini mulai dari ride-by-wire, empat mode pengendaraan dan kontrol traksi yang berbeda (lebih dikenal dengan Honda Selectable Torque Control, atau HSTC).

Lampu LED, cruise control, dan hill start assist juga merupakan sudah merupakan piranti standar pada kedua varian, sementara Honda Gold Wing Tour dilengkapi dengan sistem suspensi elektronik.

Tak lupa, sistem infotainment yang lengkap juga sudah menjadi standar, termasuk navigasi Apple CarPlay dan GPS agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Motor yang sudah mengaplikasi sistem airbag ini dilepas dengan harga US$ 23.500 untuk transmisi standar 6-speed, dan US$ 24.700 untuk DCT 7-speed. Sedangkan untuk Honda Gold Wing Tour akan dikenai banderol lebih mahal, US$ 26.700 untuk model dasar, US$ 27.700 untuk DCT, dan US$ 31,500 untuk versi DCT Airbag.

SHARE