Honda Live Computer Instructor, Teknologi Canggih Terbaru

Tokyo (TenagaKuda) – Bro and Sis… Yamaha memang sudah mengembangkan MOTOBOT untuk membantu tim balap pabrikan. Tapi apa yang dilakukan Honda ternyata lain lagi. Honda malah ingin mengembangkan sistem teknologi yang bisa membuat rider lebih safety di perjalanan.

Teknologi itu dinamakan Honda sebagai Live Computer Instructor, sebuah sistem digital interaktif yang bertujuan membantu pengendara sepeda motor menjadi biker yang santun di jalan. Wuiihhh cakep nih!

Live Computer Instructor bisa juga disebut sebagai penasehat pribadi yang cerdas di jalan raya. Sistem ini akan menuntun bagaimana seharusnya biker untuk bisa menciptakan berkendara yang aman dan nyaman selama perjalanan.

Beberapa sensor akan digunakan untuk Live Computer Instructor guna mengirim data ke komputer mini. Data-data ini kemudian ditampilkan pada layar sentuh yang terpasang di dashboard motor. Komputer akan menganalisa data dari sensor secara real time.

Dari hasil pembacaan sensor inilah sistem di Live Computer Instructor akan memberikan “saran” bagaiman seharusnya biker bertindak. Mulai dari masukan untuk mengambil sebuah tikungan, kapan proses membuka throttle, kapan harus mengerem, berpindah lajur, dan menaikkan atau menurunkan posisi gigi.

Meski Live Computer Instructor didesain untuk menciptakan berkendara di jalan raya yang lebih aman, namun pada perkembangannya bukan tidak mungkin sistem ini juga diterapkan dalam pelatihan balap untuk menetukan sudut cornering, titik pengereman, dan sebagainya. [Pra/Syu]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here