Honda Riding Assist-e Ini Bisa Berdiri Sendiri

Tokyo (Tenaga Kuda) – Raksasa Jepang, Honda siap memperlihatkan teknologi yang membuat motor yang bisa berdiri sendiri. Diberi label Honda Riding Assist-e, Honda akan memperlihatkannya di Tokyo Motor Show 2017.

Pada dasarnya, Honda Riding Assist-e menggunakan teknologi robotik yang juga sudah diaplikasi di Honda UNI-CUB. Teknologi ini memungkinkan motor agar tetap seimbang pada kecepatan rendah tanpa perlu distabilkan oleh pengendara.

Konsep Honda Riding Assist-e ini akan diperlihatkan dengan menggunakan Honda NC700 sebagai basisnya. Namun, frame Honda NC700 tidak lagi menopang mesin konvesional di tengahnya, melainkan motor listrik tepat di bawah jok.

Tenaga dari motor listrik ini kemudian dikirim ke roda belakang melalui poros penggerak yang ditempatkan di swingarm di bagian belakang.

Adapun baterai ditempatkan rendah di sasis untuk menjaga pusat gravitasi tetap rendah. Port pengisian tenaga terletak di sisi kiri motor, disamping motor listrik. Sementara di belakang motor, Honda telah memasang radiator yang menghadap ke belakang.

Dan yang sangat menarik adalah sistem tenaga listrik dan sistem penyeimbangan yang ternyata bekerja sendiri-sendiri alias benar-benar terpisah.

Menurut rencana Honda Riding Assist-e akan dipamerkan pada 25 Oktober mendatang bersama motor konsep Honda Super Cub C125 terbaru, motor konsep Monkey 125, dan motor Super Cub 110 edisi khusus setelah ada 100 juta Cub yang diproduksi.

SHARE