Hoopy, Sepeda Kayu yang Bisa Dirakit Sendiri

Paris (TenagaKuda) – Bro and Sis..Saat perusahaan lain berlomba menghadirkan teknologi baru seperti aplikasi alumunium dan serat karbon di sepeda, Wooden Widget, perusahaan kecil asal Perancis ini justru membuatnya dari kayu.

Uniknya, sepeda kayu yang diberi nama Hoopy tersebut tidak dijual dalam bentuk utuh. Jika Bro and Sis tertarik, kalian bisa membeli buku tutorial online cara membuatnya sendiri seharga US 30 dollar atau sekitar Rp 393 ribu.

Tutorial tersebut berisi lebih dari 200 gambar dan 30.000 penjelasan cara membuat rangka Hoopy. Untuk bagian lain, seperti stang, fork depan, dan ban, Wooden Widget menganjurkan untuk memakai sepeda tua yang tidak terpakai.

Bicara mengenai Hoopy, nilai intrinsik sepeda ini cukup menggoda. Dari luar, tampilannya seperti sepeda low rider yang sering dipakai anak kecil Amerika Serikat tahun 50’an.

Rangka kayu dibuat menyatu mulai dari main frame, juga arm belakang hingga tatakan jok. Hebatnya, bentuk rangka sengaja dibuat berlubang. Wooden Widget mengklaim bentuk tersebut kuat menopang bobot orang dewasa meski terbuat dari kayu.

hoopy-wooden-bicycle

Sebagai gimmick penjualan, Wooden Widget berjanji akan menanam 5 pohon atas nama sang pembeli. Jadi selain membuat lingkungan lebih hijau dengan mengayuh sepeda, sekaligus mendukung program penghijauan.[Gha/Pra]

Spesifikasi Hoopy:

Overall length: 170cm
Seat height from ground: 900 mm
Max load: 200 kilos

Frame material: 10 mm Plywood
Weight of frame: About 3 kilos
Total weight of bicycle: From about 12 kilos

Wheel size: 20″
Max tyre width: 2.2″
Brakes: Back pedal (coaster)

Crank system: Modified BB30
Chain: 1/8″ 100 links minimum
Gears: Single or two speed automatic
Gearing: Suggested 44F 17R (single speed) 44F 19R (2 speed)
Q factor: 220 mm [Gha/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here