Imbauan Polisi: Jangan Biarkan Anak di Bawah Umur Kendarai Motor

Jakarta (TenagaKuda) – Banyaknya anak di bawah umur yang mengendarai motor sendiri membuat banyak pihak miris. Orang tua harus sadar kalau membiarkan anaknya yang belum cukup umur mengendarai motor sendiri sama saja dengan membahayakan nyawa sang anak.

Sebagai informasi, berdasarkan data kepolisian Republik Indonesia, dalam kurun waktu 10 tahun dari 2004-2013, jumlah kecelakaan meningkat dari 17,732 kejadian menjadi 93.578 kejadian.

Jumlah korban meninggal di tahun 2013 saja mencapai 23.385 ribu dengan nilai kerugian materi mencapai Rp 233,84 triliun.

Baca juga: Jaket Motor Man of Steel: Superman Tetap Safety Riding

Bahkan karena begitu tingginya jumlah korban kecelakaan, data WHO sampai menggambarkan bahwa jalan raya telah menjadi mesin pembunuh nomor tiga di dunia setelah penyakit jantung dan Tuberculosis.

Indonesia merupakan peringkat kelima tertinggi sebagai negara dengan tingkat korban kecelakaan lalu lintas setelah Cina, India, Nigeria dan Brazil.

Baca juga: Mau Latihan Safety Riding dari Honda? Gratis Kok Bro!

“Ayah… Ibu… Bijaklah ketika memberikan akses kendaraan bermotor kepada adik,” imbau kepolisian di akun Facebook mereka. “Jangan katakan ini adalah ungkapan sayang…!,” tambah korps Bhayangkara.

Menurut kepolisian, anak di bawah umur sangatlah berbahaya bila dibiarkan mengendarai kendaraan. Sebab mereka belum cukup umur baik secara fisik maupun emosi.

“Sangat berbahaya untuk mereka sendiri dan pengendara lain,” lugas kepolisian. [Syu/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here