Ini Harga & Spesifikasi Motor Listrik Nasional GESITS

Bogor (Tenaga Kuda) – Motor listrik nasional GESITS bakal segera di produksi di kawasan industri Wijaya Karya (WIKA) di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. GESITS ditegaskan adalah motor yang dikembangkan oleh anak bangsa, kini dan nanti.

Pabrik perakitan GESITS sendiri akan menempati salah satu bagunan di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) yang memiliki luas total areal 30 hektar.

Pada tahap awal pabrik akan menggunakan salah satu bangunan seluas 2.400 meter persegi sebagai fasilitas penerimaan komponen, perakitan kendaraan, dan pengujian akhir.

Adapun hasil produksi akan ditampung dalam sebuah gudang penyimpanan sementara seluas 1.400 meter persegi.

Dalam tahap awal pabrik PT WIKA Industri dan Konstruksi mampu memproduksi 50.000 unit GESITS per tahun. Ke depan kapasitas produksi akan dikembangkan hingga mampu mencapai produksi 100.000 unit per tahun. Produksi GESITS sendiri direncanakan dimulai tahun depan.

Gerakan awal GESITS ini sendiri bisa terjadi setelah adanya perjanjian yang dijalin antara pihak PT WIKA Industri dan Konstruksi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), serta PT GESITS Technologies Indo (GTI) yang merupakan salah satu dari perusahaan Garansindo Group.

Pimpinan Garansindo Group Muhammad Al Abdullah menegaskan bila pihaknya akan terus berkomitmen pada usaha-usaha pengembangan GESITS. Termasuk di antaranya terus bekerjasama dengan ITS dan beberapa universitas lainnya, serta berbagai pihak dari dalam maupun luar negeri untuk mendukung tercapainya kopetensi dalam riset,pengembangan dan industri, serta penguatan akses pasar.

“Kita harus percaya sama produk dan kemampuan dalam negeri,” tegas Al.

Sepeda motor listrik pertama buatan nasional ini sepenuhnya dibangun dan dikembangkan oleh kelompok mahasiswa dan mahasiswi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang dipimpin oleh Dr. M. Nur Yuniarto, dengan dukungan dari perusahaan swasta nasional Garansindo Group dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

GESITS diciptakan sebagai kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Berbentuk skuter, GESITS mengaplikasi motor elektrik berdaya 5kW dengan torsi mencapai 15Nm pada 3.000 rpm. Untuk menggerakkan motor elektriknya GESITS dibekali baterai Lithium-ion dengan sistem manajemen baterai yang seluruhnya merupakan produk dalam negeri.

Hanya dibutuhkan waktu maksimal 3 jam untuk mengisi ulang energi pada baterai GESITS. Dalam kondisi baterai terisi daya penuh GESITS mampu menempuh jarak 80-100 Km dengan kecepatan maksimum mencapai 100 Km/jam.

GESITS juga telah melakukan penjajakan kerjasama dengan PLN (Perusahan Listrik Negara) dan Pertamina untuk penyediaan sistem pengisian ulang daya dan penggantian (swap) baterai di berbagai SPBU.

Untuk harga, GESIT dijanjikan Al, akan dijual dengan harga terjangkau yakni tidak sampai Rp20 juta. “Kita akan buat jadi motor yang terjangkau agar karya anak bangsa ini bisa banyak dinikmati,” tegas Al.

SHARE