Innova Community Peduli Sungai Musi

Innova Community Peduli Sungai Musi

Palembang (TenagaKuda) – Innova Community chapter Jabodetabek dan Sumatera melangsungkan Kopdar Akbar di Palembang, Sumatera Selatan. Total ada 482 anggota dari 14 chapter Innova Community yang ikut dalam kegiatan ini.

Berlangsung pada 7-9 Maret 2019, kegiatan bertajuk “Innova Community Peduli Sungai Musi 2019” ini diisi oleh penyuluhan dari BASARNAS mengenai kebencanaan dan aspek keselamatan. Tidak hanya itu IC juga melaksanakan Safety Driving Campaign yang diikuti oleh seluruh peserta.

Innova Community Peduli Sungai MusiSebagai bentuk kepedulian sosial terhadap lingkungan di Palembang komunitas pengguna Toyota Kijang Innova tersebut juga melaksanakan bagi-bagi tempat sampah dan juga pelepasan 40.000 bibit ikan Belida. Ikan ini dibawa khusus dari Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar (BBPBIAT) Sukabumi, Jawa Barat untuk disebar di Sungai Musi bersama Dinas Pariwisata dan pemerintah Kota Palembang.

“Kami dari Dinas Pariwisata Palembang sangat mendukung kegiatan positif dari Innova Community yaitu Peduli Sungai Musi dengan membersihkan sampah plastick di area sungai, pemberian keranjang sampah dan menebar 40.000 benih ikan di Sungai Musi agar ekosistem menjadi lebih seimbang dan bisa mengembalikan habitat Ikan di Sungai Musi,” kata Agusti, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Palembang.

Ia juga menjelaskan, saat ini populasi ikan di sungai Musi banyak berkurang akibat penangkapan yang tidak terkendali. Sedangkan Sungai musi sebagai ladang mata pencaharian nelayan dan salah satu pusat pariwisata di Palembang. “Semoga Innova Community bisa melanjutkan kegiatan yang berguna untuk lingkungan baik di Palembang atau di daerah lain.”, ujar Agusti.

Innova Community Peduli Sungai MusiAcara Innova Community Peduli Sungai Musi 2019 ditutup dengan melanjutkan program literasi. Kali ini IC Peduli Literasi membantu salah satu sekolah yang terkenal dengan sebutan sekolah “Laskar Pelangi” Madrasah Ibtidaiyah (MI) Munawarul Fajri. Sekolah Islam itu berada di ujung Kabupaten Banyuasin, tepatnya di Desa Jerujung.

Madrasah yang didirikan pada 2009 dari swadaya masyarakat itu menjadi satu-satunya pusat pendidikan resmi yang berdiri di desa setempat. Innova Community menyerahkan sumbangan berupa buku, alat tulis serta peralatan sekolah dan ibadah, white board, alat peraga pendidikan serta alas untuk melapisi lantai tempat belajar dan mengajar.

SHARE