Jorge Lorenzo Menang MotoGP Italia 2018

Mugello (Tenaga Kuda) – MotoGP Italia 2018 berlangsung seru. Pada balapan ke-6 MotoGP 2018 ini, Jorge Lorenzo berhasil memenangkan perlombaan yang digelar di sirkuit Mugello.

Ketika lampu hijau menyala, Lorenzo langsung melesat untuk mempimpin perlombaan. Majorcan dikejar oleh Valentino Rossi yang start dari posisi pole dan Marc Marquez yang melesat dari posisi ke-6 meski hampir mengalami insiden dengan Danilo Petrucci.

Baca juga: Ini Hasil Lengkap MotoGP Italia 2018

Belum habis lap pertama berlangsung, Dani Pedrosa crash. Ketika lap kedua dimulai, Lorenzo masih memimpin perlombaan diikuit Rossi, Marquez, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Alex Rins, Cal Crutchlow. Di lap ini pula Scott Redding, Karel Abraham dan Jack Miller crash. Nakagami dan Luthi juga mengalami insiden.

Di depan pertarungan empat pembalap terdepan masih berlangsung ketat. Keempatnya seperti menanti lawannya melakukan kesalahan. Dan hasilnya, di awal lap ketiga, Marquez sukses menyalip Rossi.

Komposisi 10 pembalap terdepan kini ditempati Lorenzo, Marquez, Rossi, Iannone, Dovizioso, Rins, Petrucci, Crutchlow, Johann Zarco dan Maverick Vinales. Keempat pembalap terdepan masih bertarung dengan ketat.

Baca juga: Ini Klasemen Sementara Usai MotoGP Italia 2018

Pada lap ke-4, Rossi sudah mulai mengincar posisi Marquez, namun Baby Alien berhasil menghalangi laju The Doctor. Dan di depan, Lorenzo masih berhasil mempertahankan posisinya.

Pada lap kelima, Dovizioso sudah mulai ikut dalam grup terdepan menguntit Iannone yang ada di posisi keempat. Namun bencana datang. Pada lap ini Marquez crash!

Meski begitu, Marquez kembali masuk perlombaan di posisi ke-18. Dan di depan, Dovizioso mampu menyalip Iannone untuk merebut posisi ketiga.

Komposisi pembalap terdepan di awal lap ke-6 adalah Lorenzo, Rossi, Dovizioso, Iannone, Rins, Petrucci, Crutchlow, Zarco, Vinales. Jarak antara Lorenzo dan Rossi adalah 0.2 detik.

Pada lap ketujuh terjadi pertarungan antara Petrucci dan Iannone meski Iannone mampu mempertahankan posisinya. Dan setelahnya, Dovizioso dan Rossi bertarung. Hasilnya, DesmoDovi mampu menyalip Rossi. Komposisi pembalap pun berubah menjadi Lorenzo, Dovizioso, Rossi, Iannone, Petrucci, Rins.

Setelah disalip oleh Dovizioso, pada lap ke-8, Rossi dipepet oleh Iannone dan hasilnya The Maniac menyalip Rossi. Di depan, Lorenzo masih memimpin perlombaan dengan selisin 0.7 detik dari Dovizioso di posisi kedua.

Pada lap ke-9 Rossi seperti kehilangan nafas. Dia dikejar oleh Petrucci namun dia masih mampu mempertahankan posisinya.

Sampai awal lap ke-10, X-Fuera masih memimpin perlombaan, diikuti Dovizioso, Iannone, Rossi, Petrucci, Rins, Cruchlow, Zarco, Vinales. Di belakang, Marquez masih setia di posisi ke-18 atau posisi kedua dari belakang. Sampai akhir lap, komposisi ini tidak berubah.

Di lap ke-11, Lorenzo makin meninggalkan lawan-lawannya. Jarak antara Dovizioso di posisi kedua dan Iannone di posisi ketiga saja mencapai 0.8 detik. Di lap selanjutnya, jarak itu bahkan melebihi 1 detik.

Pada lap ke-12, Marquez naik tingkat ke posisi 17. Di depan, duet Ducati Corse mulai meninggalkan lawan-lawannya. Dan perebutan posisi ketiga terjadi.

Rossi, Iannone dan Petrucci bertarung. Hasilnya, Petrucci memimpin grup kedua ini memanfaatkan pertarungan Iannone dan Rossi. Komposisi pun berubah menjadi Lorenzo, Dovizioso, Petrucci, Iannone, Rossi, Rins, Crutchlow.

Pada lap ke-13, Rossi menyalip Iannone yang melebar di tikungan. Setelahnya, Rins menyalip Iannone. Komposisi diakhir lap ini adalah Lorenzo, Dovizioso, Petrucci, Rossi, Rins, Iannone, Cruchlow, Vinales.

Di lap ke-14, Rins dan Rossi bertarung ketat. Rins menanti Rossi melakukan kesalahan. Lorenzo makin meninggalkan Dovizioso hingga 1.7 detik.

Di lap ke-15, pertarungan antara Rossi dan Rins masih berlangsung yang akhirnya dimenangkan Ris dengan menyalip local hero Italia tersebut. Komposisi pun berubah. Lorenzo memimpin perlombaan diikuti Dovizioso, Petrucci, Rins, Rossi, Iannone dan Crutchlow.

Di tengah, Vinales terlibat pertarungan dengan Alvaro Bautista untuk mempertahankan posisi ke-8. Pada lap ke-16, jarak antara Loernzo dan Dovizioso sudah mencapai 2.1 detik.

Lap 17 pertarungan di grup dua antara Petrucci, Rins, Rossi, Iannone dan Crutchlow berlangsung sengit. Rins melakukan kesalahan hingga akhirnya dilewati oleh Rossi dan Iannone. Dan setelahnya, Rossi mulai mengejar Petrucci.

Di lap ke-18, Lorenzo makin tak terkejar. Namun di sisi lain, Rossi berhasil mengejar Petrucci untuk merebut posisi ketiga. Setelah disalip Rossi, Petrucci kembali disalip lagi oleh Iannone.

Lap 19 dimulai dengan Lorenzo memimpin perlombaan diikuti Dovizioso, Rossi, Iannone, Petrucci, Rins, Crutchlow. Vinales dan Bautista masih terlibat pertarungan untuk posisi ke-8. Namun ditengah lap, Rins menyalip Petrucci.

Pada awal lap ke-20, Rossi dan Iannone bertarung. Iannone sempat menyalip Rossi tapi mampu kembali disalip lagi oleh Rossi. Di depan, Lorenzo melesat sampai 5 detik di depan Dovizioso.

Pada lap 21, petarungan antara Rossi dan Iannone belum selesai. Dan di belakang, Marquez sudah menempati posisi ke-16. Komposisi 10 pembalap terdepan adalah Lorenzo, Dovizioso, Rossi, Iannone, Rins, Crutchlow, Petrucci, Vinales, Bautista, Zarco.

Pada lap 22, Iannone akhirnya mampu menyalip Rossi, tapi karena dia melebar di Turn 1, Rossi kembali menyalipnya. Komposisi pembalap terdepan pun tidak berubah.

Pada lap terakhir, Lorenzo masih memimpin. Majorcan makin digjaya meninggalkan lawan-lawannya. Di belakangnya, dua pembalap Suzuki, Iannone dan Rins bertarung untuk memperebutkan posisi keempat.

Pada lap ini pula Rossi mulai mengejar Iannone. Selisih keduanya tinggal 0.4 detik. Tapi semua terlambat.

Lorenzo memenangkan perlombaan diikuti Dovizioso, Rossi, Iannone, Rins, Crutchlow, Petrucci, Vinales, Bautista, Zarco. Adapun Marquez hasil mengakhiri lomba di posisi ke-16.

SHARE