Jumlah Kecelakaan di Misano Cetak Rekor Terbanyak di MotoGP

Misano (Tenaga Kuda) – MotoGP San Marino yang digelar di Misano pada akhir pekan lalu merupakan grand prix dengan terbanyak di kelas utama.

Ada 140 kecelakaan terjadi di Misano. Lebih dari separuh pembalap di kelas Moto3 dan Moto2 terjatuh, sementara di MotoGP hanya ada 15 pembalap saja yang mencapai finis.

Hal itu sebenarnya tidak mengherankan karena balapan digelar dalam guyuran hujan. Padahal di sesi latihan dan kualifikasi para pembalap menikmati kondisi trek basah. Perubahan cuaca drastis ini yang ditenggarai membuat banyak pembalap dan set-up motor tidak siap.

Ini terlihat dari jumlah kecelakaan yan terjadi saat sesi warm-up di mana ada 26 kecelakaan terjadi. Di balapan bahkan lebih banyak lagi karena ada 54 kecelakaan.

Di musim ini seri dengan kecelakaan terbanyak tidak mencapai angka 100 kecelakaan. Le Mans hanya terjadi 94 kecelakaan dan Assen 91 kecelakaan.

Adapun rekor grand prix dengan jumlah kecelakaan terbanyak sebelumnya, menurut Motorsport, dipegang oleh Estoril 2010 dengan total 130 kecelakaan.

Bila dibedah lagi, sampai dengan Misano, ada dua pembalap yang paling sering terjatuh yakni Marc Marquez yang telah 20 kali jatuh dan Sam Lowes dengan catatan 23 kali jatuh.

Rekor Marc sebelumnya adalah di musim lalu saat dia 17 kecelakaan. Tapi yang juga perlu dicatat, dari 20 kali terjatuh itu Marquez hanya terjatuh dua kali saat balapan yaitu di Argentina dan Perancis.

SHARE