Kapan Suzuki Punya Tim Satelit?

Losail (Tenaga Kuda) – Di antara tim pabrikan asal Jepang, hanya Suzuki yang belum punya tim satelit di MotoGP. Padahal sesama pendatang baru, tapi dari Eropa, KTM saja sudah punya tim satelit yang akan membantu mereka mengembangkan motor.

Memang, pembicaraan terkait pembentukan tim satelit sudah dilakukan Suzuki sejak beberapa musim terakhir. Namun hingga kini hal itu belum jua terwujud.

Manajer Tim, Davide Brivio berharap, tim yang dia asuh bisa memiliki tim satelit pada musim 2020 mendatang. Terlebih saat ini Suzuki Racing Company sudah terbentuk.

“Dalam kasus kami, semua [keputusan] harus diterima dari Jepang, jadi kami akan segera mulai membahas kemungkinan satelit dan kami akan melihat apakah kami dapat mencapainya,” ujar Brivio di Motorsport.

“Jelas kami ingin memiliki dua motor lagi untuk menggandakan jumlah data,” tambahnya.

“Itu akan menjadi tugas Presiden Suzuki Racing Company [akan segera ditunjuk] untuk meyakinkan Suzuki Motor Corporation tentang manfaat membentuk tim satelit.”

Sebelum musim ini, Suzuki sebenarnya hampir menggandeng Marc VDS sebagai tim satelit, tetapi kesepakatan itu berantakan ketika skuad asal Belgia mengalami krisis internal yang berujung pada perginya mereka dari arena MotoGP.

Padahal, dari sedikit tim independen yang ada di kelas utama, semua sudah menjalin hubungan dengan tim pabrikan.

Sebut saja Petronas SRT dan Tech 3 ikut dalam kubu Yamaha dan KTM. Serta LCR dan Pramac Racing yang ada di belakang Honda dan Ducati.

Bila melihat tim independen yang tersisa, bila tidak membentuk tim baru, maka hanya tersisa tim Avintia Racing yang saat ini menggunakan motor Ducati Desmosedici GP.

SHARE