Kapan Suzuki Punya Tim Satelit?

Jakarta (Tenaga Kuda) – Diantara semua tim pabrikan Jepang di MotoGP, hanya Suzuki Ecstar yang belum memiliki tim satelit. Kapankah tim satelit Suzuki lahir?

Sebenarnya, bos Suzuki Ecstar Devide Brivio sudah lama menginginkan tim satelit agar bisa membuat pengembangan motor Suzuki GSX-RR lebih cepat.

Sebab dengan adanya tim satelit, motor yang digunakan di arena balap tentu akan jadi lebih banyak, hal ini tentu membuat pengembangan motor menjadi lebih mudah.

Hal itu penting karena eksistensi mereka di MotoGP pada rentang 2002-2011 hanya menghasilkan satu kemenangan yakni ketika Chris Vermeulen menang di Le Mans 2007.

Sementara edisi kedua eksistensi mereka sejak 2015 hanya menghasilkan satu kemenangan pula saat Maverick Vinales menang pada MotoGP Inggris 2016.

“Ini adalah hal yang sedang kami diskusikan di dalam perusahaan,” cetus Brivio di Motorsport.

“Sebagai tim, kami ingin memiliki tim satelit untuk memiliki kebih banyak informasi, dan mengembangkan motor lebih jauh,” tambahnya.

Pada tahun lalu Suzuki sebenarnya sudah mempertimbangkan menggaet Marc VDS untuk menjadi tim satelit, tapi hal itu urung dilakukan yang membuat Suzuki tetap menurunkan dua motor yakni Alex Rins dan Joan Mir.

Salah satu alasannya adalah masalah keuangan. “Bagi perusahaan, ini adalah usaha besar karena kami tidak memiliki sumber daya dan orang-orang seperti mungkin saingan kami,” aku Brivio.

“Namun, kami terus berdiskusi. Dan saya harap kami dapat melakukan sesuatu musim 2020.”

“Sekalipun jika melihat situasi tim, Mereka semua berkomitmen untuk 2020, jadi itu mungkin sulit.”

“Tapi ini adalah sesuatu yang ada dalam pikiran kami, sedang kami diskusikan dan menjadi target bagi Suzuki. Namun, masih ada keputusan yang harus dibuat.”

SHARE