Kelebihan Berat, Aprilia RS-GP Harus Diet

Jerez (Tenaga Kuda) – Pembalap baru Aprilia Aleix Espargaro mengatakan kalau Aprilia RS-GP perlu melakukan diet ketat untuk mengurangi beratnya.

Sebab saat ini motor Aprilia diperkirakan bakal mengalami kelebihan bobot. Itu bukanlah isu baru karena pembalap Aprilia sebelumnya, Alvaro Bautista sudah memperkirakan kalau motor Aprilia akan kelebihan berat 5kg dari batas 157kg yang diperkenankan di MotoGP.

Di akhir musim 2016, berat kendaraan memang sudah berkurang 3kg, tapi menurut Aleix, hal itu masih belum cukup. Diet ketat harus dilakukan RS-GP agar bisa melaju lebih kencang.

“Ada beberapa hal yang harus kita perbaiki. Satu hal yang penting adalah untuk memberikan RS-GP diet. Perlu untuk mengurangi berat beberapa kilo,” kata Aleix di Autosport.

“Bagi saya (mengurangi) berat motor akan banyak membantu, dan juga, bila frame baru dirancang dengan penempatan mesin yang berbeda, saya pikir kita bisa memiliki kelincahan yang lebih baik.”

aleix-espargaro-aprilia-rs-gp-1

Sedangkan untuk mesin, bukan tenaga yang perlu ditambah, melainkan torsi. “Kita perlu lebih banyak torsi dari sebelumnya.”

“Ketika di trek lurus, motor memang sudah cukup cepat, pada batas RPM cepat, tapi sayangnya kekuatan datang terlambat di tikungan.”

Meski begitu, secara keseluruhan Aleix cukup senang dengan motor barunya karena banyak potensi yang bisa dikembangkan dari motor Italia tersebut. Motor bisa diracik ulang agar lebih cepat dan melaju dengan stabilitas yang mengagumkan.

“Yang paling positif dari motor adalah ketika saya push, motor ini tidak goyang,” lugasnya. [Syu/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here