KUSTOMFEST 2015: Surga Pecinta Modifikasi Motor

Yogyakarta (TenagaKuda) – Bagi para pecinta modifikasi motor, inilah KUSTOMFEST, lebaran para pecinta modif. KUSTOMFEST 2015 menggelegar di Yogyakarta.

Festival kustom kulture terbesar di Indonesia, KUSTOMFEST: Indonesian Kustom Kulture Festival kembali dihelat pada 3 dan 4 Oktober 2015 di Jogja Expo Center Hall, Yogyakarta.

Memasuki tahun ke empat penyelenggaraannya, KUSTOMFEST 2015 kembali menjadi ajang kumpul pelaku industri kustom kulture di Indonesia untuk menunjukkan karya-karya terbaiknya.

KUSTOMFEST 2015 akan menghadirkan bermacam pertunjukan karya kustom terbaik seperti Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Paint Battle, Kustom Art & Klasik Island, Vendor Booth, Body Art Show, Kustom Bicycle & Pedal Car, Junkyard Festival, Diecast Show, Stunt Rider Show, Helmet Kustom Paint Kontest, Photo Kontest, BMX Kontest, Kustom Kulture Foodfest.

“KUSTOMFEST 2015 mengusung tema ‘Showin Soul’ yang merupakan representasi bagi pelaku industri kustom kulture untuk menunjukkan karya mereka dengan sepenuh jiwa, karya yang merupakan perwujudan proses yang jujur dan menjunjung tinggi nilai-nilai apresiasi dan nilai respek,” ujar Lulut Wahyudi, Director KUSTOMFEST.

Pada tahun ini tercatat ada 150 motor yang didaftarkan dan akan ada 35 mobil-mobil khas kustom kulture yang akan hadir di area indoor JEC selama dua hari.

Tak hanya dari segi jumlah karya yang dipajang, jumlah booth yang bergabung di gelaran tahun ini juga semakin banyak dengan hadirnya 140 booth apparel kustom seperti helm, t-shirt, sampai ke produk seperti pomade, ban, pelumas.

Dukungan Dalam dan Luar Negeri

Tidak hanya diikuti vendor industri kreatif lokal, namun KUSTOMFEST 2015 juga menghadirkan pengisi booth dari luar negeri seperti Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, dan Prancis.

Tidak mengherankan jika Dinas Pariwisata Daerah termasuk Gubernur DI Yogyakarta turut mendukung KUSTOMFEST sebagai salah satu aset festival unik di Jogjakarta karena mampu menyedot kunjungan dalam dan luar negeri hingga menjadikannya sebagai destinasi wisata resmi.

Seperti gelaran sebelumnya, KUSTOMFEST 2015 juga tetap menjadi ruang berekspresi dan inovasi para builder dalam berkarya membangun motor kustom. Salah satu sajian utamanya pada tahun ini, KUSTOMFEST bersama dengan ban Zeneos menghadirkan program Powerplant Motorcycles Challenge ! KUSTOMFEST 2015 – Zeneos.

Program ini merupakan sebuah kompetisi rancang bangun motor kustom dengan aliran Café Racer yang mengacu pada rancangan sketsa salah satu ikon kustom dunia, yaitu Yaniv Evan dari Powerplant Motorcycles, USA. Pemenang dari kompetisi ini nantinya akan diberangkatkan untuk menyaksikan gelaran prestisius 24th Annual Mooneyes – Yokohama Hot Rod Custom Show, yang akan berlangsung pada 6 Desember 2015 mendatang di Jepang.

“KUSTOMFEST telah terbukti menjadi perbincangan di dunia kustom internasional yang antara lain ikut disebarkan oleh para bintang tamu kita yang telah dihadirkan sebelumnya seperti Roland Sands dan Cole Foster.”

“Mereka membawa pengaruh kepada builder lainnya termasuk Yaniv Evan dari Powerplant Motorcycles untuk bisa datang ke KUSTOMFEST membawa inspirasi bagi builder di Tanah Air,” tambah Lulut.

Bukan dinilai dari sisi kompetisinya, namun yang terpenting adalah aspek pembelajaran dan saling respect bagaimana para builder dan pelaku kustom kulture di Indonesia bisa menghadirkan karya yang orisinal berkualitas dunia untuk dibawa para bintang tamu KUSTOMFEST ke panggung internasional.

Cafe Racer Day

Salah satu progam baru yang akan hadir adalah Café Racer Day, sebuah program tematik yang diperuntukkan khusus untuk karya motor kustom dengan aliran Café Racer yang akan didukung sepenuhnya oleh Suryanation.

Gelaran spesial lain yang juga akan ada di KUSTOMFEST 2015 adalah: Japan Retro Kustom Car, Cafe Racer Day, Pinstripe Carnival, Kustom Art Performance: Diki Leos – El Kampretto, Freeflow Kustom Painting & Indonesian Pinstripe Artist, Burnout Vaganza, Indonesian Rockabilly Compilation Vol.01, Pin Up Show.

Seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, KUSTOMFEST 2015 juga akan dihadiri oleh beberapa pelaku industri kustom kulture dunia seperti: Kaichiroh Kurosu – Cherry’s Company, Yuichi Yoshizawa – Custom Works Zon, Shige Suganuma – Mooneyes Inc., Hiro “wildman” Ishii, The Nash, Mr. G, Boo Pinstriping & Makoto.

Untuk lebih menyebarkan karya dan semangat kustom kulture ke berbagai penjuru dunia, KUSTOMFEST 2015 juga akan diliput oleh media-media internasional yang berpengaruh besar seperti: Vibes Magazine, Chopper Journal, Burnout Magazine Japan , Fuel Magazine, Tank Moto, Bike Exif, Wild Magazine, & Emd – Esteves Motorcycle Design.

Tidak hanya pesta bagi penggemar otomotif, selama dua hari perhelatan juga akan ada arena hiburan yang akan memberikan pertunjukan yang tidak kalah menarik dengan penampilan dari band-band beraliran Metal dan Rockabilly yang lekat dengan kustom kulture sepert: Deadsquad, Navicula, The Hydrant, Hanche Presley, The Sleting Down, Serigala Malam, KKK, NYK Guns, Gorilla Trampoline, Jamphe Johnson, DPMB, Alterego, Kereta Suzana, Black Stocking, dan band-band lain yang tidak kalah menghentak.

Seperti biasanya, di akhir acara KUSTOMFEST 2015 akan mengapresiasi pengunjung yang hadir dengan grand prize sebuah kustom bike istimewa rancangan Retro Classic Cycles melalui undian tiket seharga Rp 50.000,-.

Tahun ini, Retro Classic Cycles mengetengahkan sosok Kustom Bike dengan nama ‘Jaran Kore’ yang berbasis BMW R65 bermesin Boxer 650cc lansiran 1978. Jaran Kore dalam bahasa Jawa diartikan sebagai kuda liar yang sulit ditunggangi. [Syu/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here