Lawan Honda HR-V, Apa Hebatnya Toyota C-HR ?

Jakarta (Tenaga Kuda) – Toyota C-HR resmi menjadi penantang serius bagi Honda HR-V 1.8 di Indonesia. Lalu apa yang diunggulkan oleh Toyota untuk menggeser Honda yang lebih dulu muncul di segmen Low SUV (Sport Utility Vehicle) bermesin 1.800 cc?

HR-V dan C-HR bertarung di kelas yang sama, juga bersama duet Rush dan Terios. Bedanya jika Rush Terios memakai mesin 1.500 cc, maka untuk HR-V ada yang menggunakan mesin 1.800 cc setara dengan C-HR.

Walhasil, kini antara C-HR dan HR-V bertarung satu lawan satu. Lalu apa yang diunggulkan Toyota C-HR sebagai pendatang baru disegmen ini?

Berikut ini impresi tim TenagaKuda.com kala berjumpa pertama kali dengan mobil berkelir Red Mica Metallic tersebut.

Toyota C-HR memiliki tinggi 1.565 mm, panjang 4.360 mm, lebar 1.795 mm, dan sumbu roda 2.640 mm.

Bansar Maduma, Outlet Development Division Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan kalau C-HR merupakan singkatan dari “Compact High Rider“, yang merupakan desain atas kendaraan ini.

“Dari atas dia seperti coupe tapi dari bawah dia tinggi dan kokoh layaknya SUV,” kata Bansar di Jakarta, Selasa (10/04/2018).

Bahasa desain ini katanya, selain unik, juga memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Bansar menjelaskan, untuk desain interior Toyota C-HR, tidak hanya memberikan kenyamanan, tapi juga memberikan kesan yang modern.

“Pengemudi memiliki kontrol penuh terhadap kendaraannya. Hal ini diharapkan pengemudi dapat tetap berkonsentrasi dan menikmati perjalanan,” kata dia.

Didominasi warna Licorice Brown, membuat interiornya terlihat lebih mewah dan menawan.

All New C-HR dilengkapi berbagai macam fitur kenyamanan dan keselamatan penumpang. Misalnya keberadaan Head Unit AVX 7 inci dengan fitur DVD, Bluetooth, USB, AUX, Weblink Application dengan Multi-Tasking Window. Lalu ada pula Dual Zone Auto A/C yang tampil dengan Digital Display.

Selain itu Toyota C-HR juga dilengkapi dengan Lumbar Support pada kursi pengemudi yang sudah dapat dioperasikan secara elektrik.

Untuk menunjang fun to drive disematkan pula Cruise Control, G-Force Indicator serta Driving Mode (ECO & SPORT) yang dapat diatur pada TFT MID dengan ukuran 4.2 inci.

Mesinnya menggunakan 1.8-liter dengan kode 2ZR-FBE yang menggunakan teknologi Dual VVT-i.

Mesin dari Toyota Altis ini mampu mencapai tenaga maksimum 141 ps pada 6400 rpm dengan torsi maksimum 170 nm di 4000 rpm.

Beda dengan HR-V yang punya varian 1.5-liter, C-HR untuk Indonesia cuma disediakan tipe 1.8-liter. Meskipun di Eropa ada pilihan mesin 2.0-liter dan Hybrid.

Namun fitur keselamatan yang diterapakan pada mobil ini sudah cukup lengkap. Yakni antara lain ketersediaan 7 SRS Airbags (Driver, Passanger, Side, CSA, dan Driver Knee), dan Anti-Lock Braking System (ABS).

Ada pula Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

Nah, kira-kira pilih Toyota C-HR atau Honda HR-V ?

SHARE