Lorenzo: Saya di Depan untuk Bantu Dovizioso

Valencia (Tenaga Kuda) – Di MotoGP Valencia 2017 banyak yang berpikir bila Jorge Lorenzo menghalang-halangi Andrea Dovizioso. Padahal seharusnya, Lorenzo membantu Dovi di balapan ini.

Sebab, DesmoDovi tengah berjuang merebut gelar juara dunia. Sampai menjelang akhir lomba, Lorenzo ada di posisi keempat dan Dovizioso ada di posisi kelima.

Melihat Lorenzo tak juga memberi jalan pada Dovizioso, tim Ducati memerintahkan Majorcan lewat papan perintah di pit untuk memberi jalan Dovi.

Itu terjadi saat balapan menyisakan 11 lap. Namun, perubahan posisi diantara keduanya tidak terjadi hingga akhirnya Ducati terus memberi perintah tersebut di tiap lap.

Saat balapan menyisakan 6 lap, petaka terjadi pada Jorge Lorenzo yang crash. Bencana untuk Ducati kemudian berlanjut, tak lama kemudian Dovizioso crash. Keduanya terpaksa harus keluar dari balapan.

“Dovizioso banyak berjuang sepanjang akhir pekan ini. Dia kurang kecepatan di trek ini,” kata Lorenzo di GPOne.

“Saya sadar betul bahwa saya perlu membiarkan Dovi melaju, tapi pada saat yang sama, saya berpikir bahwa dengan tetap berada di depan saya dapat memberinya sebuah lajur untuk mendekatkannya kepada para pembalap di depan kami,” jelas Majorcan.

Namun, banyak yang menganggap prilaku Lorenzo ini memalukan. “Siapa pun yang menganggap bahwa balapan saya memalukan tidak mengerti apa-apa tentang motor,” tegasnya.

“Tidak seperti Sepang, kali ini kecepatannya kurang. Saya tetap di depan untuk memberinya peluang untuk lebih dekat ke para pemimpin lomba. Jika kita mendekati kelompok di depan kita, Andrea pasti bisa bertempur,” paparnya lagi.

“Dengan tetap berada di depan, saya membantu Dovi. Memang benar bahwa pada giliran tertentu, Andrea cepat, tapi dalam perlombaan 30 lap dia kehilangan pijakan di sektor lain dan pada akhir hari, itu semua berdampak,” pungkasnya.

SHARE