Mantap, Honda Ajukan Paten Mesin 2-Tak

Jakarta (TenagaKuda) – Era mesin 2-tak belum berakhir. Honda diam-diam tengah mengajukan paten terkait mesin 2-tak terbaru yang lebih ramah pada lingkungan.

Ya, sebab bagi kebanyakan orang, mesin 2-stroke alias dua-tak merupakan mesin tidak ramah pada lingkungan. Honda tampaknya ingin memupus anggapan tersebut dengan mengajukan sebuah paten sebuah mesin 2-tak dengan sistem injeksi.

Mesin 2-tak sendiri bisa dibilang merupakan mesin sederhana bila dibanding mesin 4-tak. Mesin dua-tak pun diprediksi akan menjadi masa lalu dan punah karena dianggap tidak bisa mengikuti standar emisi dunia.

honda-patent-fuel-injected-2-stroke-engine

Tidak perlu negara maju, untuk mengikuti regulasi emisi di Indonesia saja mesin 2-tak cukup kesulitan. Itu yang membuat Honda memutar otak.

Akhirnya, Honda tersebut mengajukan permohonan paten untuk motor 2-tak yang menggunakan sistem injeksi.

Pada paten tersebut tergambar sistem injeksi yang terpasang di belakang silinder, mengarah ke lubang silinder. Timing penyemprotan pun diperhitungkan secara detail agar mesin semakin hemat bahan bakar dan minim gas buang.

Honda percaya desain mereka ini dapat membantu menghilangkan beberapa kompleksitas desain mesin 2-tak serta membantu menurunkan biaya produksi dan pemeliharaan yang pada akhirnya membuat produksi mesin 2-tak kembali menjadi relevan. [Syu/Zie]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here