Mantap, Registrasi SIM Kini Sudah Online

Jakarta (TenagaKuda) – Bila dahulu kita harus capek antre untuk registrasi pembuatan atau perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), kini tidak lagi masbroo.. Sebab registrasi Surat Izin Mengemudi (SIM) sekarang bisa dilakukan secara online.

Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM Polda Metro Jaya melakukan peningkatan pelayanan terkini yang dilakukan Kantor Satpas yang terletak di Jl. Raya Daan Mogot KM 11 dengan meluncurkan registrasi SIM secara online.

“Registrasi perpanjang SIM secara online ini merupakan salah satu upaya Satpas SIM Daan Mogot untuk mempercepat pelayanan,” ujar Kasi SIM Daan Mogot Kompol Twedi Aditya, SIK didampingi Paur Ujian Teori Iptu Marthinus Adhithya.

“Untuk sementara, pendaftaran online ini hanya untuk perpanjangan SIM A dan C di Satpas Daan Mogot,” sambungnya di laman Facebook resmi milik Polda Metro.

Baca juga: Waduh, Kepolisian Digugat Soal Penerbitan SIM, STNK dan BPKB

Untuk pengajuan SIM baru harus tetap di wilayah asal KTP masing-masing, melalui tahap ujian teori dan praktek. Nanti Pembuatan SIM di Polri 2015 akan diseragamkan menjadi satu sistem aplikasi yakni centralized integrated dan itu bisa online.

Jadi layanan ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mengeluhkan setiap pemilik SIM untuk memperpanjang harus kembali ke daerah asal mereka. Nantinya dengan sistem ini, pembuatan SIM juga bisa dilakukan secara terintegrasi.

Untuk menikmati layanan ini, masyarakat hanya tinggal masuk ke website registrasi SIM Online Satpas Daan Mogot http://lantas.metro.polri.go.id/regsimonline

Selanjutnya klik formulir registrasi yang harus diisi oleh pemohon perpanjangan SIM A dan C dengan identitas yang benar sesuai KTP dan SIM lama.

sim-online

Baru setelah itu pengguna bisa login ke sistem registrasi melalui autentifikasi pengguna. Username dan password disesuaikan dengan isian pada saat pengisian formulir online. Kemudian, cetak Formulir Permohonan SIM online.

Setelah itu, pemohon membawa persyaratan perpanjang SIM dan hasil formulir permohonan SIM online pada Loket perpanjangan online.

Baca juga: Ini Dia Prosedur Pembuatan SIM yang Hilang atau Rusak

“Data akan diproses minimal 2 hari setelah pengisian online. Untuk itu, Pendaftaran via online dilaksanakan minimal 2 hari sebelum tanggal kedatangan ke Satpas,” terang Kompol Twedi.

“Bukti pendaftaran (print out form registrasi) dan persyaratan (KTP dan SIM Lama) harus dibawa pada saat kedatangan ke Satpas. Selanjutnya, prosedur dan mekanisme di Satpas tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya,”.

Baca juga: Ini Daftar Tarif Resmi SIM, STNK, STCK dan BPKB

Bagi yang SIM A atau C nya sudah mendekati kadaluarsa tidak ada salahnya untuk segera mencoba cara ini.

Sebelum Polda Metro, Polrestabes Surabaya sudah terlebih dahulu diketahui melakukan hal yang sama. [Syu/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here