Marquez Harus Pindah Tim untuk Buktikan Kemampuan? Doohan: Bullshit!

Jerez (Tenaga Kuda) – Marc Marquez sangatlah dominan sejak dia masuk ke arena MotoGP pada 2013. Dalam 6 musim eksistensinya, 5 gelar juara dunia MotoGP berhasil dia rebut. Seluruhnya dia persembahkan untuk tim Repsol Honda.

Banyak yang beranggapan bila rentetan kemenangan yang direbut Baby Alien sesungguhnya bukan murni karena kemampuan balapnya, tapi lebih ke performa motornya.

Untuk membuktikan diri, banyak yang menyarankan Marquez untuk pindah tim. Namun bagi legenda balap Mick Doohan, argumen itu adalah omong kosong belaka.

“Saya pikir ada satu masa dimana ada tujuh [motor] Honda di grid karena semua orang mengatakan mereka membutuhkan Honda, tetapi hanya ada satu pemenang kan!,” kata Doohan.

“Jadi, saya pikir seorang pembalap seperti Marc yang akan membuat perbedaan. Okelah Anda membutuhkan mesin yang bagus, tetapi pembalap juga akan membuat perbedaan,” tegas Doohan.

“Saya pikir kami telah melihat di masa lalu ketika ada pengendara berganti produsen, mereka masih kuat, atau mereka jadi tidak begitu kuat.”

“Saya pikir jika Marc ingin beralih ke pabrikan yang berbeda, merek mana pun yang Anda inginkan, ia masih bisa menang.”

Jadi benarkah argumen yang mengatakan bila Marquez harus berganti merek untuk membuktikan dirinya? “Itu omong kosong,” cetus Doohan.

“Jika [argumen] itu datang dari kompetitornya, mereka sudah tahu seberapa kuat dia di motor dan di luar motor sehingga mereka mencoba untuk membuat diri mereka terlihat lebih baik.”

“Sayangnya pada setiap periode hanya ada satu atau dua pembalap yang mendominasi dan Marc dalam posisi itu saat ini.”

“Saya pikir banyak saingannya yang berada di posisi yang sama belum dapat memanfaatkan mesin yang mereka punya, Marc telah mampu memanfaatkan kemampuannya dengan baik dikombinasi dengan kemampuan sepeda motornya,” lugas pembalap yang sudah memenangkan 54 balapan grand prix tersebut.

SHARE