Marquez Menang di MotoGP San Marino

Misano (Tenaga Kuda) – MotoGP San Marino benar-benar berlangsung seru. Dalam kondisi lintasan sirkuit Misano yang basah, Marc Marquez sukses finish pertama.

Selepas start, Jorge Lorenzo yang memulai balapan dari posisi kelima melesat ke depan. Dia melewati Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Marc Marquez dan Cal Crutchlow yang ada di depannya.

Lorenzo pun memimpin perlombaan diikuti dengan ketat oleh Marquez. Di belakang keduanya ada pemimpin klasemen, DesmoDovi.

Di belakang ketiga pembalap terdepan ini, Vinales harus berjuang melawan Danilo Petrucci dan Crutchlow. Dan Petrucci merebut posisi keempat saat balapan tersisa 26 lap. Selepas itu, Danilo menjauh dan meninggalkan Vinales bertarung dengan Cal dan Jack Miller.

Balapan terus berlangsung dan Lorenzo terus melaju di depan meninggalkan rival-rivalnya.

Pada sisa 24 lap balapan, pertarunagn antara Marquez-Dovizioso-Petrucci yang memperebutkan posisi kedua serta Vinales-Crutchlow-Miller untuk tempat kelima berlangsung kencang. Hasilnya, Danilo merebut posisi ketiga dari Dovi.

Satu lap setelahnya, Petrucci makin mengganas dan menyalip Marc Marquez untuk posisi kedua. Di sisa 23 lap itu pula Vinales terdampar di posisi ketujuh, dilewati Cal di posisi kelima dan Miller di posisi keenam.

Namun kejutan hadir di sisa 22 lap. Cal Crutchlow crash. Begitu pula dengan pemimpin lomba, Lorenzo yang juga crash! Cal bisa kembali berlomba tapi Lorenzo harus DNF.

Kini tiga pembalap di depan adalah Petrucci, Marquez dan Dovizioso yang bersaing sangat ketat. Di belakang mereka ada Vinales, Loriz Baz dan Miller yang salip menyalip.

Hingga lomba tersisa 21 lap, posisi tiga terdepan tidak berubah meski ketiga pembalap saling menempel. Namun di belakangnya, terus terjadi salip menyalip.

Di sisi lain, di pit, para kru terlihat tengah mempersiapkan motor baru yang menandai balapan mungkin akan berlangsung secara flag-to-flag.

Di sisa 19 lap, Baz yang tengah mengejar Miller untuk posisi keenam crash. Di depan, posisi Danilo belum tergoyahkan meski Marc tampak ngotot mengejarnya.

Komposisi di 17 lap terakhir adalah Petrucci, Marquez, Dovizioso, Vinales, Miller. Pembalap tes Ducati, Michele Pirro ada di belakang kelima pembalap itu. Sementara Johann Zarco ada di belakang Pirro di posisi ke-7.

Empat lap berlalu dan komposisi di depan tidak berubah. Baru pada sisa 11 lap muncul kejutan ketika Andrea Iannone memutuskan masuk pit dan meninggalkan balapan.

Satu lap setelah Iannone mundur dari balapan, Baz kembali terjatuh tapi tetap kembali mampu melanjutkan perlombaan.

Sampai balapan tersisa 9 lap, di barisan depan tidak ada drama yang terjadi kecuali pertarungan antara Pirro dengan Miller yang menghasilkan Pirro di posisi kelima. Di lap itu pula, Cal Crutchlow yang ada di posisi ke-15 menyalip Dani Pedrosa untuk merebut posisi ke-14.

Satu lap setelahnya, Tito Rabat crash dan tidak mampu menyelesaikan balapan.

Tujuh lap balapan tersisa. Komposisi pembalap di depan adalah Petrucci, Marquez, Dovizioso, Vinales, Pirro, Miller, Zarco. Adapun Scott Redding, Alex Rins dan Jonas Folger melengkapi 10 pembalap terdepan.

Petrucci sempat kehilangan kendali Desmosedici, tapi untung dia tidak crash dan masih mampu mempertahankan posisi terdepan ketika race tersisa 6 lap.

Namun akibat hal itu, Marc makin mendekat dan mulai mengancam Danilo. Kedua pembalap terdepan ini mulai menjauh dari Dovizioso yang ada di posisi ketiga.

Serangan sebenarnya baru dilancarkan Marquez saat balapan tersisa 2 lap saja. Baby Alien benar-benar mulai mendekati Pertucci dan mencari celah untuk menyalipnya.

Hasilnya ketika lap terakhir di mulai, Marquez benar-benar menyalip Petrucci dan meraih peran pimpinan lomba hingga melewati bendera finish.

Marquez menang diikuti Petrucci, Dovizioso, Vinales, Pirro, Miller, Redding, Rins, Zarco dan Folger.

SHARE