Marquez Menang, Ini Jalannya Balapan MotoGP Argentina 2019

Termas de Rio Hondo (Tenaga Kuda) – Balapan MotoGP Argentina yang digelar di sirkuit Termas de Rio Hondo berlangsung seru. Marc Marquez sukses menjadi pemenang. Namun pertarungan ketat diperlihatkan Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi.

Sesaat setelah lomba di mulai, Marquez langsung melesat cepat untuk meninggalkan lawan-lawannya. Di belakang dia ada Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang bertarung untuk memperebutkan posisi kedua.

Baik Dovizioso dan Rossi terlihat beberapa kali terlibat pertarungan. Sementara itu, di belakang kedua rider Italia tersebut, menguntit Jack Miller yang sempat mengajak Rossi berduel.

Di depan, Marquez melaju semakin kencang meninggalkan Dovizioso, Rossi dan Miller yang terus bertarung. Di belakang mereka hadir Franco Morbidelli dan Cal Crutchlow yang juga ingin ikut dalam pertarungan.

Pada lap ketiga, Rossi beberapa kali terlihat melakukan kesalahan sehingga posisinya langsung disalip oleh Miller dan Morbidelli.

Di awal lap keempat, jarak antara Marquez dan Dovizioso yang berada di posisi kedua mencapai 3.241 detik.

Di saat yang sama, Rossi yang ada di posisi kelima tak mau diam saja. The Doctor menyalip Morbidelli yang tak lain adalah anak didiknya sendiri.

Satu lap setelahnya, Marquez makin jauh di depnan dengan selisih 3.6 detik. Di belakangnya masih ada rombongan Dovizioso, Miller, Rossi, Morbidelli dan Crutchlow yang saling membidik memperebutkan tempat kedua.

Lap keenam, Cal Crutchlow yang dipaksa masuk pit karena dinilai melakukan jump start.

Pada saat perlombaan menyisakan 18 lap, rombongan besar di depan makin sesak setelah Danilo Petrucci ikut masuk dan bertarung dengan Miller. Keduanya sempat beberapa kali terlibat aksi salip menyalip.

Di belakang kedunya, Maverick Vinales mengikuti. Tapi di depan, terjadi pertarungan antara Rossi dan Davixioso sebelum akhirnya Rossi menyalip untuk berada di posisi kedua.

Pada lap ke-8, komposisi pembalap terdepan adalah Marquez, Rossi, Dovizioso, Morbidelli.

Miller, Petrucci dan Vinales terlibat pertarungan ketat. begitu juga dengan Alex Rins dan Takaaki Nakagami yang bertarung sengit memperebutkan tempat ke-8.

Pada saat balapan menyisakan 16 lap, rombongan besar ini terus saja bertarung. Di lain pihak, Marc Marquez tampil sangat dominan dan jauh meninggalkan rival-rivalnya itu.

Satu lap setelahnya, Rins menyalip Nakagami dan Miller disalip oleh Morbidelli dan Petrucci. Pertarungan di rombongan besar tampak masih ketat. Satu kesalahan saja dilakukan maka lawan akan memanfaatkannya.

Pada saat balapan menyisakan 14 lap, Vinales tampak mulai memanas. Dia mulai memacu motornya untuk mengejar Miller yang ada di posisi ke-6.

Satu lap setelahnya, Marquez tampak hampir pasti juara. Sebab jarak antara Baby Alien dengan Rossi yang ada di posisi kedua sudah mencapai 8.363 detik. Hanya kecelakaan saja yang akan menghapus kemenangan Marquez ini.

Ketika Marquez seolah membalap sendirian, Rossi, Dovizioso, Morbidelli, Petrucci, dan Miller berbaris di belakangnya.

Sementara itu, rekan setim Marquez, Jorge Lorenzo ada di posisi ke-15. Tepat di depan Johann Zarco, Hafiz Syahrin, dan Joan Mir.

Pada saat balapan menyisakan 12 lap, Rossi dan Dovizioso kembali terlibat pertarungan. DesmoDovi kali ini berhasil menyalip Rossi.

Pada lap ke-15, pertarungan di rombongan ini makin seru. Tidak ada yang punya posisi aman. Vinales saja akhirnya melakukan kesalahan yang kemudian disalip oleh Rins dan Nakagami. Sedangkan Morbidelli, Petrucci, dan Miller salip menyalip.

Pada lap ke-16, Alex Rins kembali menampilkan kelasnya. Usai melewati Vinales, rider muda Suzuki itu melewati Miller, namun Miller kembali mengambil posisinya.

Balapan menyisakan 8 lap saat Marquez sudah tak terlihat lagi di depan dengan menyisakan Dovizioso dan Rossi untuk terus bertarung memperebutkan tempat kedua.

Pada lap ini pula Rins menunjukkan kecerdikannya dengan menyalip Miller dan Morbidelli. Kini komposisi pembalap terdepan diisi Marquez, Dovizioso, Rossi, Petrucci dan Rins.

Jarak diantara mereka kini sudah tidak terlalu rapat meski masih ada di satu rombongan. Namun pembalap di belakangnya mulai tercecer. Miller, Morbidelli, Nakagami dan Vinales terlihat membuat rombongan terpisah di belakang rombongan yang dipimpin Dovi.

Lap ke-6 menjelang finish, Vinales melewati Nakagami untuk merebut posisi ke-8. Marquez makin tak terkejar. Jaraknya dengan Dovi sudah mencapai lebih dari 12.384 detik. Hampir pasti sulit untuk dikejar rival-rivalnya.

Satu lap setelahnya, rombongan depan terlihat ada dua duel 1 on 1, yakni antara Dovizioso vs Rossi dan Petrucci vs Rins. Tapi belum ada lagi aksi salip menyalip.

Tapi ketika balapan menyisakan dua lap, Rossi mulai meningkatkan tekanannya pada DesmoDovi. Pada lap terakhir, Rossi akhirnya bisa menyalip Dovizioso.

Namun ketika bendera kotak-kotak dikibarkan, Marquez pun menjadi pemenang MotoGP Argentina 2019 diikuti Rossi, Dovizioso, Miller, Rins, Petrucci.

SHARE