Marquez: Yamaha Kehilangan Pembalap Berbakat

Jerez (Tenaga Kuda) – Johann Zarco sudah memastikan diri akan pindah ke pabrikan KTM di MotoGP 2019. Menurut Marc Marquez, hal itu akan menjadi kehilangan besar bagi Yamaha karena Zarco adalah pembalap berbakat.

Marquez menjelaskan bila bakat Zarco sudah bisa terlihat sejak tahun lalu saat dia meraih predikat Rookie of the Year 2017. Dan di musim ini, dia selalu rutin ada di grup depan dan meraih beberapa podium.

Namun sayang, Johann Zarco mengecewakan publik karena crash di MotoGP Perancis 2018. Padahal Zarco dalam performa yang bagus.

Pada balapan yang digelar di Le Mans pada pekan lalu tersebut Zarco sebenarnya tampil bagus karena mampu merebut pole position di depan para penggemarnya. Dia bahkan mencetak rekor lap tercepat di sana.

Saat ini, perebutan para pembalap memang sudah terjadi untuk persiapan musim depan. Terlebih masih banyak pembalap yang kontraknya belum pasti.

“Tapi dengan pembalap Yamaha itu aneh karena Johann adalah pembalap Yamaha terkemuka,” cetus Marquez di Crash.

“Tentu saja ada perbedaan gaya membalap di antara mereka. Mungkin yang paling mirip adalah Johann dan Valentino.”

“Maverick memiliki gaya membalap yang lain. Tapi itu tidak lebih buruk atau lebih baik. Maksud saya itu berbeda dan kadang lebih baik, kadang-kadang lebih buruk,” paparnya.

“Tapi aneh [melihat Zarco menjadi yang tercepat] dan saya tidak bisa menjawab ini karena bahkan mereka tidak dapat menjawabnya dan mereka memiliki semua datanya. Mereka memiliki segalanya,” lugas Marquez.

“Dari pengamat yang netral, Yamaha kehilangan pembalap yang sangat bagus. Maksud saya, dia akan pergi ke KTM!” lugas Marquez.

“Saat ini dia [pembalap Yamaha] yang tercepat,” cetusnya lagi.

“Tentu saja pengalaman Valentino benar-benar bagus dan Vinales memiliki kecepatan. Tapi saat ini Zarco melakukan pekerjaan hebat,” pungkas Marquez.

SHARE